Jumat, 25 Juli 2014

Sarapan Pake Burgo Yuuk

Heheheu.. Judulnya provokatif sekali yah. Puasa-puasa gini malah ngajak sarapan...

Hallo pemirsa bangkoor.com. Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan sehat selalu ya. Kembali lagi bersama saya...
*cut
*ceritanya mau ikutin gaya ibu Sisca Soewitomo
*tapi gagal

*lupakan

Udah ah. Kali ini aku mau share tentang kuliner lagi. Dan cerita kali ini sekaligus akan menjadi launching tagar baru di blog ini, namanya #LagiLaper. Tagar ini nantinya akan mengelompokkan tulisan-tulisan tentang kuliner. Termasuk yang kemarin, yang tentang rujak mi. Nah, berhubung aku orangnya jarang jalan-jalan, apalagi wisata kuliner, jadi kyknya ini tagar bakal jarang keisi. Keisinya kalo aku lagi nemu menu kuliner yang kira-kira ganteng aja. Jadi harap maklum lah ya..

Ok, kita BTT


Burgo. Berasa aneh bin asing nggak sih namanya? Nama "Burgo" bukan plesetan dari bulgogi atau burger loh ya. Apalagi kalo kamu sampe nebak burgo = burung goreng. Itu salah banget. Aku juga nggak tau dari mana asal nama itu,

Yang jelas burgo termasuk kuliner khas dari Palembang, yah kerabatnya pempek dan tekwan lah. Bentuknya mirip dadar gulung, tapi warnanya putih. Bahannya dari tepung beras atau tepung tapioka. Digulung memanjang, trus dipotong-potong, dan disiram kuah santan yang kental. Biasanya kalo di Palembang, burgo dijadiin sarapan. Tapi buat makan siang atau makan malam juga oke kok.

Nih dia wujud aslinya

dari lezat.com
Mau resepnya juga? Nih aku kasih resep berdasarkan rekomendasi dari sayangi.com.
Bahan Burgo :
• 300 gr tepung beras
• 60 gr tepung tapioka
• ½ sdt garam
• 300 ml air mendidih
• 500 ml air
Bahan kuah Burgo :
• 300 gr ikan gabus
• 500 ml santan, dari ½ butir kelapa
• 4 lembar daun salam
• 1 batang serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
• 100 ml air
• Garam secukupnya
• 2 sdm minyak goreng
• Bawang goreng secukupnya
Bumbu halus :
• 6 butir bawang merah
• 3 siung bawang putih
• ½ sdm ketumbar, sangrai
• 2 cm kunyit
• 1 cm jahe
• 2 cm lengkuas
• 1 butir kemiri, sangrai
Cara Membuat :
  1. Kukus ikan gabus, suwir-suwir lalu sisihkan.
  2. Burgo: Campur tepung beras, tepung tapioka dan garam,aduk rata.Tuang air mendidih aduk hingga rata.Tambahkan air, aduk rata.
  3. Panaskan pan dadar (teflon), oles dengan sedikit minyak. Tuang 1-2 sendok sayur adonan, buat dadar,panaskan hingga matang.
  4. Angkat lalu gulung. Potong-potong dan sisihkan.lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan serai hingga harum. Tuang air, masukkan ikan. Tambahkan santan dan garam, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
  6. Atur burgo diatas piring saji, tuang kuah beserta isinya. Taburi dengan bawang goreng. Sajikan.
Gampang dan simpel donk ya. Paling yang agak sulit nyarinya tuh ikan gabus. Emang udah langka, kalopun ada pasti harganya mahal banget. Nah ikan gabus ini bisa kamu ganti pake ikan lain. Boleh ikan tenggiri, ikan tuna malah lebih mantep.

Kalo ada resep yang aku share disini, artinya udah aku cobain donk. Pas banget kemaren ibu baru bikin burgo buat buka puasa. Ini dia burgo bikinan ibu aku.


Hmm.. maaf yah, garnish dan plating-nya kurang oke. Itu aku sendiri yang asal ^_^
Dan maaf juga, fotonya agak gelap. Lagi-lagi..

Kamu tau burgo nggak?
Cobain yuk

Ada yang lebih seru loh!

Sarapan Pake Burgo Yuuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

26 Comments

Jum Jul 25, 08:20:00 AM delete

aku baru denget makanan ini. yaampun ternyata masih banyak ya makanan sumatra selatan.

Reply
avatar
Jum Jul 25, 08:24:00 AM delete

iya qied.. Banyak banget loh.. Selain pempek, udah nyobain apa aja nih?

Reply
avatar
Jum Jul 25, 10:34:00 AM delete

lemak nian.. lah lamo dak tecicip itu semenjak puaso, nak beli dilapangan hatta..

Reply
avatar
Jum Jul 25, 10:39:00 AM delete

Apa bedanya sama pempek? Tampak enak ya :D

Reply
avatar
Jum Jul 25, 11:21:00 AM delete

Nah sanjo kesini bae na mang. Gek dibuatke :D

Reply
avatar
Jum Jul 25, 11:22:00 AM delete

Beda atuh kang. Pempek kan pake sagu, ini tepung beras atau tapioka. Trus burgo juga nggak pake cuko, tapi pake kuah santan. Enak deh kang :)

Reply
avatar
Jum Jul 25, 11:45:00 AM delete

Bentuknya kayak cumiiiii.. Hahah.. :D
mesti belajar iniiiii :P *modus*

Reply
avatar
Jum Jul 25, 12:01:00 PM delete

baru pertama lihat beginian,,,baru pertama lihat menu dan nama ini,,,sepertinya asik nih,,soalnya ada asin2nya,,,gue banget gitu loh,,,hidup asin....

Dan,,,kau skrang membuatku kelaparan,,maklumlah puasa melihat barang beginian,,,,

Reply
avatar
Jum Jul 25, 12:46:00 PM delete

Bisa diganti dengan ikan yang lain nggak? :)

Reply
avatar
Jum Jul 25, 08:49:00 PM delete

Mirip bubur yang dibikin ibu-ibu di Jawa kalau habis punya hajat pernikahan atau sunatan :)

Reply
avatar
Sab Jul 26, 09:30:00 AM delete

Haha.. ccciiee Beby.. yang berkirim kode.. ahayy ^_^

Reply
avatar
Sab Jul 26, 09:31:00 AM delete

Iya mbak. Burgo emang kalah kelas ketimbang pempek yang udah go internasional :D

Ayo coba bikin juga mbak

Reply
avatar
Sab Jul 26, 09:34:00 AM delete

Kalo dulu aku pernah bikin pempek, bisa diganti pake ikan tenggiri atau tuna, mbak. Mungkin yang ini bisa juga. Tapi sebenernya nggak pake ikan pun nggak masalah sih mbak. Kan cuma untuk perasa aja. Tapi ya nanti rasanya memang kurang nendang :D

Reply
avatar
Sab Jul 26, 11:21:00 AM delete

Kalau tuna mudah didapat di sini nih

Reply
avatar
Sab Jul 26, 05:07:00 PM delete

puasaa puasaa puasaaa ..... :D

belum pernah nyoba rif, malah baru tahu ini...klo pempek udah tahu...

Reply
avatar
Min Jul 27, 12:32:00 AM delete

Kayak surabi kah? Saya suka surabi + oncom :D

Reply
avatar
Min Jul 27, 04:43:00 AM delete

Beda juga. Surabi nggak berkuah ya kang ya? Aku nggak pernah makan surabi soalnya :D

Reply
avatar
Min Jul 27, 04:46:00 AM delete

Hihi.. maap ya maap yang tergoda. Nggak maksud. Sumpeh deh :D

Iya mas Dan. Burgo emang kurang dikenal. Kalah tenar sama pempek

Reply
avatar
Jum Agt 01, 11:23:00 AM delete

Hahah.. Kirim kode sama siapa? :P

Reply
avatar
Sab Agt 02, 09:12:00 AM delete

Sama siapa aja deh... ccciiieee ^_^

Reply
avatar
Sen Agt 04, 01:46:00 PM delete

Ah aku baru tau makanan ini, dimakan pake sambal pedas kayak nya nikmat banget kayak lontong syur yaaa :-)

Reply
avatar
Sel Agt 05, 08:22:00 AM delete

iya mas Cumi. Mirip-mirip lontong sayur lah :D

Reply
avatar
Kam Feb 05, 02:04:00 PM delete

mantap ni kelihatan nya sangat lezat hehehe :D

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims