Senin, 03 November 2014

Cara Gampang Membuat Mind Map Cantik dengan MindMaple

Kamu pernah bikin mind map? Mind map atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai peta pemikiran adalah suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas  atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier (dari akhmadsudrajat.wordpress.com). Hihi.. Bahasanya ribet yah...

dari learningfundamentals.com.au
Intinya sih, mind map dibuat untuk mewakilkan pemikiran kita yang abstrak, ke dalam sebuah grafis tertulis. Kamu juga bisa menuliskan pemikiran itu dalam bentuk tulisan, tapi dengan grafis mind map, pasti bakal lebih cantik.

Nah, kali ini saya mau share cara membuat mind map cantik dengan sebuah software, namanya MindMaple. Yuk kita lanjut...

Buat kamu yang biasa memikirkan konsep, pasti nggak asing dengan istilah mind map. Konsep itu biasanya bermula dari pemikiran yang berserak di otak. Makanya biar lebih rapi dan mencegah akibat buruk karena lupa, kamu biasa menumpahkan ide-ide konsep itu ke dalam tulisan atau gambar. Gambar-gambar dan tulisan konsep itu disebut mind map.

Beberapa hari terakhir, saya memikirkan konsep tentang sesuatu. Banyak banget pikiran dan ide liar di otak. Saya pikir, kyknya itu harus ditulis dalam bentuk mind map, takut lupa. Saya buat lah coretan-coretan di kertas. Tapi masalahnya adalah, saya juga harus membuat yang versi digital, karena pasti akan ada presentasi. Nggak mungkin saya menyajikan coretan-coretan itu. 


Hehe.. Coretan kamu emang nggak layak tampil rif


Akhirnya saya nemu satu software yang kalo menurut saya sih lumayan powerful. Software itu khusus untuk membuat mind map, concept map, dan project planning. Sebenernya kamu bisa aja bikin mind map dengan software pengolah kata standar, Ms Word. Tapi pasti nggak gampang. Pernah ngerasain? 

Membuat mind map dengan MindMaple, dijamin gampang banget.


Biar nggak penasaran, yuk kita unduh dulu softwarenya. Kamu bisa unduh software untuk membuat mind map ini di website resminya di http://mindmaple.com/. Tersedia 2 versi: versi lite, dan versi pro. Versi lite bisa kamu dapatkan dengan gratis, sedangkan versi pro dihargai $9.99/tahun. Nggak terlalu mahal kan ya? Lalu, apa aja bedanya?

Nggak jauh beda kan ya? Saya sendiri pakai versi lite. Sekedar untuk coba-coba. Tapi versi lite juga udah cukup mumpuni kok. Udah bisa export ke Ms Office (Word, Excel, Powerpoint). Cuma minus export ke PDF. Untuk masalah theme dan clip arts, itu sih bukan masalah gede. Tergantung kreativitas kitanya aja.

Cara bikinnya? Gampang banget bro! Awal buka, kamu disuruh pilih template atau theme, terserah mau pilih yang mana. Setelah itu, akan ada topik utama di tengah-tengah, default diberi nama Central Topic, kamu bisa ganti tulisan itu. Dari satu topik itu, kamu bisa buat sub-topic dan anak-anaknya, cuma dengan men-drag mouse. Mau buat sub-topic lagi? Tinggal tarik dan drag lagi aja. Akan muncul sub-topic lain. Gampang banget. Kamu nggak perlu mikirin garis-garis penghubungnya.


Setelah jadi, kamu bisa langsung print mind map kamu ke dalam kertas. Atau kamu juga bisa export menjadi file gambar jpg. Bahkan yang lebih asyik, bisa juga export jadi file .doc, .xls, dan .ppt. Kalo jadi file .doc, nanti akan terbentuk file yang isinya heading-heading. Bisa buat bikin buku nih. Kalo dalam bentuk .xls, akan terbentuk tabel, yang tersusun secara hierarkis. Nah, yang menarik adalah kalo di-export jadi file .ppt, kamu bisa bikin file powerpoint yang udah tersusun rapi secara hierarkis. Tinggal mempercantik dan nambah-nambahin dikit. Keren kan?

Selain itu, software ini juga menyediakan fitur export as html. Saya coba bikin, kamu bisa lihat demonya disini: http://files.bangkoor.com/public/demo/my-projects.htm. Agak jarang dipake sih kyknya. Tapi siapa tau ada yang perlu bikin laman web yang nampilin data secara hierarkis. Bisa dipake nih.

Gimana? Itu dia cara gampang membuat mind map cantik dengan software MindMaple. Siapa tau ada yang perlu.

[Update 3 Nov]

Hoho.. Ternyata banyak temen-temen yang biasa bikin mind map juga. Dan kebanyakan biasa pake Ms Visio. Yap! Buat yang udah punya Ms Visio, kamu juga bisa pake software keluaran Microsoft itu untuk bikin mind map.

Tapi sayangnya memang software itu nggak gratis dan biasanya terpisah dengan paket Ms Office lainnya. So, buat kamu yang nggak mau pake software berbayar, MindMaple ini bisa jadi alternatif pilihan. 

Kalo menurut saya sih, bikin mind map dengan MindMaple lebih gampang daripada pake Visio. Sebagai gambaran, nih saya kasih video perbandingan keduanya. Semoga bermanfaat! :-)



  1. Membuat Mind Map dengan Visio

  2. Membuat Mind Map dengan MindMaple

Ada yang lebih seru loh!

Cara Gampang Membuat Mind Map Cantik dengan MindMaple
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

27 Comments

Sen Nov 03, 07:03:00 AM delete

Aku mah pakai microsoft Visio..haha bisa ke pdf juga,,,

Reply
avatar
Sen Nov 03, 07:35:00 AM delete

udah dicoba, mirip ama Visio ya cuma ini ada emoticon emoticonnya. Lumay la lumay :D

Reply
avatar
Sen Nov 03, 07:49:00 AM delete

kalo aku diajari langsung aja gimana,,,hahahaha,,,private gituh,,,,#sokkemendel

Reply
avatar
Sen Nov 03, 08:24:00 AM delete

Hoaaaaaaaaa... ini keren bangeeeeeeeeeettt. Selama ini bikin mindmap selalu manual. Berbekal spidol warna warni, post it dengan ukuran beranekaragam, gunting, kertas, lem, dll. Emang jadinya menarik dan partisipatif yaa, tapi cuma bisa dipresentasikan saat itu juga. Ribet kalo mau dibawa pulang, karena bisa jadi ukurannya lebih dari 1x1 meter.

Aplikasi ini keren banget Rif. Makasi yaaa infonya. Smoga suatu saat bisa pakai.
Kalo gak bisa ke pdf, kayaknya ya tinggal di export ke ms word dulu ya, baru ntar save as pdf. Hihi... *ngakalin :p

Reply
avatar
Sen Nov 03, 09:39:00 AM delete

Aku ngga pernah bikin ginian, Bang.. Emang dasarnya aku ini nyeleneh ya, sepele banget.. Huhuhu.. :'(

Mau cobaaaak..

Reply
avatar
Sen Nov 03, 10:33:00 AM delete

wah ini keren banget. Biasanya saya nggambar di papan trus difoto trus diwarnai, manual banget kan.

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:30:00 AM delete

Hihi.. iya mbak, bisa pake Visio juga. Dulu juga saya sering pake visio untuk bikin flow chart dan ER diagram. Tapi udah lama nggak pake visio gegara entah kenapa nggak compatible dengan laptop saya. Ini baru kemaren nemu software baru yang kyknya lumayan powerful

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:31:00 AM delete

Hai blogger Wordpress! Haha..

Heeuh mbak. Kyknya sih lebih 'cair' daripada Visio yg kyknya rada kaku

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:32:00 AM delete

Haha.. gampang banget kok mbak. Tinggal tarik-tarik aja langsung jadi

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:36:00 AM delete

Hihi.. tuh manual bisa lebih kreatif loh sebenernya. Tapi ya emang agak sulit buat diduplikasi ya :D

Buseet dah. Itu gede banget bisa sampe 1x1 meter..

Iyah sama-sama ya mae. Semoga bermanfaat :-)

Itu export ke ms word sebenernya bukan jadi gambar map-nya dengan shape-shape di word. Tapi gambar jadi, diikuti dengan poin-poin yang masing-masing disusun berdasarkan heading.

Pusing yeh? Hihi.. Dicoba dulu deh

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:37:00 AM delete

Hiahaha.. Beby mah bisa langsung inget, kagak bakal lupa :D
Aku kan pelupa orangnya

Reply
avatar
Sen Nov 03, 11:38:00 AM delete

Hihi.. saya juga biasanya manual kok bang :D

Reply
avatar
Sen Nov 03, 12:34:00 PM delete

Aiiiihhh... Keren! Makasi infonya, Mas Arif! :D

Reply
avatar
Sen Nov 03, 03:43:00 PM delete

Saya pake buku catatan :D Pake tablet keren juga sepertinya. Tapi blom pernah pake app di tablet sih.

Reply
avatar
Sen Nov 03, 03:45:00 PM delete

Sama-sama mbak. Semoga bermanfaat yah :-)

Reply
avatar
Sen Nov 03, 03:47:00 PM delete

Nah. Betul mas. Pake tablet kyknya bisa lebih bebas ya. Sama kyk bikin manual di kertas, tapi bisa langsung didigital-kan. Tapi kan saya nggak punya tablet, mas.. Hikz..

Reply
avatar
Sen Nov 03, 05:06:00 PM delete

boleh nih dicoba rif, belum pernah pake software ini...

Reply
avatar
Sel Nov 04, 03:01:00 AM delete

saya mau coba bikin nih mas,, tapi masih belum paham tatacaranya,, ada tutorial lengkapnya gk ya??

Reply
avatar
Sel Nov 04, 09:11:00 AM delete

Karena aku pelupa, jadi ngga aku kerjain aja semuanya :P

Reply
avatar
Sel Nov 04, 02:44:00 PM delete

EHh iya,. aku habis lihat demonya punyamu kok jadinya cuma tulisan-tulisan gitu aja yaa, bukan seperti skema yang bercabang-cabang.
Hehehe,. udah biasa kali Rif, bahkan biasanya kita bikin dari ujung ke ujung sampai ruangan penuh. Jadi bacanya kayak gallery work gitu, jalan kaki. :))
Engggg... kayaknya bikinnya ntar kalo emang diperluin aja deh. Gak sebegitu nganggurnya sampe saya iseng bikin mind map. Hahaha :p

Reply
avatar
Kam Nov 06, 05:53:00 AM delete

Saya pun akhirnya lebih suka nulis di buku. Lebih mantapp..

Reply
avatar
Anonim
Sen Mei 04, 07:39:00 AM delete

kereeen.. thx sharingnya..

Reply
avatar
Rab Agt 10, 02:00:00 PM delete

mind map is popular word when i 'm student that make me remember all knowledge longer and clearly

Reply
avatar
Sab Okt 29, 02:52:00 PM delete

kalo yang mindmaple pro-nya berbayar yha mbak ?

Reply
avatar
Anonim
Kam Nov 03, 10:18:00 AM delete

Ka saya sudah buat mindmap pake mindmaple tapi pas di save jadi gambar itu pecah. Dan tulisannya ga keliatan itu knp ya?

Reply
avatar
Kam Nov 03, 10:25:00 AM delete

Bisa dipilih resolusinya mas/mbak

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims