Jumat, 15 Januari 2016

Sejarah Biskuit Marie: Ternyata Marie Adalah...

Biskuit Marie Regal berduet dengan hot chocolate Rumah Kopi Ranin

Siapa yang nggak kenal biskuit marie? Kamu para bayi angkatan 90an, kamu berdusta besar kalo ngaku nggak kenal biskuit legendaris ini. Biskuit bundar gepeng dengan teksturnya yang lembut, gampang banget lumer kalo kena air. Makanya para ibu jaman dulu biasanya bikin bubur pake biskuit marie. Cukup dikasih air hangat, biskuitnya lumer, diaduk-aduk, lalu jadilah bubur. Instan dan murah meriah! Para bayi junior yang belum punya gigi juga gampang makannya, tinggal diemut, kenyang deh. Yah sebelum para bayi kekinian lebih dimanjakan sama biskuit khusus bayi.

Dan sampai sekarang saya nggak pernah makan biskuit marie dengan cara digigit. Iyah. Biasanya sih cuma saya emut. Karena itu lah cara terbaik menyantap biskuit marie. The Baby's Style!

Tapi, sebagai fans berat biskuit marie, kamu tau sejarah biskuit marie?

Nggak tau rif. Hehe..


Hmm.. Sudah kuduga!

Emang ada sejarahnya?


Ada donk. Dan jujur saya juga baru tau kemarin. Hehe
*dilempar Selena Gomez

Inspirasinya datang saat papasan dengan pengantar biskuit marie yang pake motor. Box di belakangnya ada tulisan biskuit marie regal. Seketika kepikiran sama biskuit marie, kenapa kok disebut marie? Apa ada sejarahnya? Dan ternyata setelah gugling, beneran ada sejarahnya loh.

Ada hubungannya dengan Inggris, Rusia, dan Spanyol

Jadi ternyata biskuit marie pertama kali dibuat di London tahun 1874. Udah lama juga yah.

Waktu itu biskuit marie dibuat oleh sebuah bakery di London, namanya Peak Freans Bakery. Biskuit marie dibuat untuk memperingati pernikahan bangsawan Rusia, Maria Alexandrovna, yang dinikahi bangsawan Inggris dari Edinburgh. Untuk menghormati sang bangsawan, nama sang bangsawan pun dicap di atas biskuit, makanya diberi nama biskuit Maria.

Maria Alexandrovna (1853-1920), Grand Duchess of Russia
(sumber: Wikipedia)

Sejak saat itu biskuit maria menyebar ke seluruh dataran Eropa, terutama Spanyol. Produksi massal biskuit maria dilakukan di Spanyol karena saat itu Spanyol lagi kelebihan produksi gandum. Orang Spanyol mengenang biskuit maria sebagai simbol pemulihan ekonomi pasca perang sipil.

Nggak cuma Eropa, biskuit maria juga menyebar ke seluruh dunia. Nah di kawasan Asia termasuk Indonesia, biskuit Maria lebih dikenal sebagai biskuit marie.

Ternyata marie adalah Maria, dan Maria adalah bangsawan Rusia. Pertama dibuat di Inggris, menghormati bangsawan Rusia, lalu diproduksi massal di Spanyol.

Teman terbaik teh dan kopi

Nggak bisa dipungkiri, biskuit marie adalah biskuit favorit warga dunia, bukan cuma Indonesia loh men. Buktinya? Biskuit marie diproduksi hampir di tiap negara. Artinya, biskuit marie diterima oleh lidah seluruh bangsa di dunia. Emejing!


Di Indonesia, biskuit marie diproduksi oleh beberapa produsen biskuit, dan dijual dengan beberapa merk dan harga. Varian rasanya juga macem-macem. Paling banyak sih rasa susu, rasa yang paling saya suka. Dari pengamatan saya di beberapa minimarket, biskuit marie dijual dalam beberapa merk, ada ATB, Khong Guan, Regal, dan Roma. Yang paling mahal adalah yang Regal punya. Sedangkan ATB adalah yang paling murmer.

Biskuit marie biasanya disajikan sebagai teman teh atau kopi, sempurna untuk santai sore. Buat adik kecil, biskuit marie juga biasanya jadi makanan perkenalan supaya si adik kecil kenal sama makanan padat. Biasanya dicampur air hangat atau susu, dijadikan bubur. Para ibu juga biasanya pakai biskuit marie untuk membuat berbagai macam cake atau kue. Biskuit marie juga bisa dijadiin sandwich loh! Caranya cukup tumpuk 2 keping marie, lalu tengahnya diberi selai, jadi deh sandwich marie. 

Banyak juga yah cara penyajian biskuit marie. Kalo kamu biasanya digimanain?

*Buat ngepost tentang sejarah biskuit marie, sampe bela-belain pindah ngelab ke Rumah Kopi Ranin. Cuma buat ngefotoin biskuit marie sama hot chocolate. Haha.. Diceritain di post selanjutnya deh ya. Tunggu aja

Referensi:
http://biscuitpeople.com/marie-biscuits/
http://ifood.tv/biscuit/marie-biscuit/about

Ada yang lebih seru loh!

Sejarah Biskuit Marie: Ternyata Marie Adalah...
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 Comments

Jum Jan 15, 10:20:00 AM delete

ciri khas arief..klo posting selalu pol2an niat :D, sampe bela2in ke rumah kopi ranin hanya buat photo biskuitnya ama hot chocolate, biar rasa tulisannya makin greget :D....

Reply
avatar
Jum Jan 15, 01:43:00 PM delete

Hihi keliatannya niat banget ya mas? :D

Kebetulan lagi bosen ngenet di lab aja sih. Sekali sekali jadi anak gahol ibukota lah, ngerasain suasana berbeda. Haha

Reply
avatar
Jum Jan 15, 08:54:00 PM delete

endorese biskuit Rif? hahaha...

ohh marie itu jenis biskuit ya,,kayak spesies gitu,,bukan brand?

regal favoritlaaah

Reply
avatar
Jum Jan 15, 10:02:00 PM delete

Hahaha.. Maunya sih gitu mbak.. *lirik om-om marketing biskuit

Awalnya mungkin merk kali ya mbak. Trus jadi makin terkenal. Merknya jadi milik umum deh

Reply
avatar
Sab Jan 16, 02:17:00 PM delete

betul nih, temen gue pas ngopi and nyusu haha
btw, ada variasi juga loh, jadi biskuit marie masukkin kegelas terus kasih air dikit, abis itu dibejek2 gitu haha selamat mencoba

Reply
avatar
Sen Jan 18, 10:52:00 AM delete

Dicelupin ke susu atau kopi gitu ya mas? Cihuy juga ituh. Gurih! :cheer:

Jadi bubur donk?

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims