Tentang Agribook

Tampaknya ada yang perlu diklarifikasi disini. Mungkin ada beberapa pengunjung yang bertanya-tanya, apa itu Agribook?

Ya, jika anda jeli, anda akan menemukan logo yang menyerupai Facebook di pojok kiri atas blog ini. Sekilas memang tidak terlihat, karena mungkin theme blog ini yang menyerupai tampilan Facebook. Disana terlihat jelas, bukan Facebook, tetapi Agribook.

Logo itu bukanlah rekayasa yang aku buat. Bukan sekedar nama, Agribook memang ada. Itu tidak lain adalah buah keisenganku beberapa bulan yang lalu.

Agribook adalah situs jejaring sosial yang sengaja didesain mirip Facebook. Sasarannya adalah mahasiswa IPB. Situs ini mulai mengudara sejak pertengahan 2010. Yah, mungkin kebayakan dari teman-teman sudah tahu banyak, itu adalah Facebook clone.

Berbekal rasa penasaran yang menghinggapi pikiran, aku dengan tekunnya berburu segala sesuatu tentang Facebook clone. Akhirnya aku dapatkan nulled script Facebook clone. Entah waktu itu aku dapat dimana. Awalnya masih bingung, gimana mau installnya??
Wampserver menjadi senjata kala itu. Dengan rasa keingintahuan yang lumayan tinggi, aku coba install dulu di server lokal. beberapa kali coba, masih gagal.


Akhirnya pada satu kesempatan, script berhasil diinstall. Seperti biasa, rasa penasaran makin meningkat.

Dengan tanpa perencanaan sebelumnya, script ini aku install secara online. Bertempat di tempat yang sebenarnya tidak lazim. Dengan pengalaman seputar hosting dan domain gratis aku install script itu di selasaran Fakultas Peternakan yang sebenarnya bukan tempat favorit untuk berinternet ria. Walhasil, situs jejaring sosial "buatan" aku sendiri online.

Jika dibandingkan dengan Facebook, jelas situs ini kalah mentereng. Yang masih jadi pertanyaan, kenapa fitur chatnya belum bisa jalan. Mungkin saja karena ini script nulled, alias palsu.

Beberapa modifikasi dilakukan, demi mencapai satu rasa yang benar-benar IPB. User kala itu belum ada. Ada satu teman yang tampaknya tertarik. Aku waktu itu sengaja memasang link situs ini di Facebook. Pelan tapi pasti, satu demi satu user mendaftarkan dirinya. Tidak sampai banyak memang. Tapi tujuanku membuat situs ini memang bukan untuk menjaring user sebanyak-banyaknya. Sempat terpikir hal itu, tapi rasanya berhasil membuat saja aku sudah senang.


Beragam komentar bermunculan dari para user yang telah mendaftar. Ada yang biasa saja, ada pula yang mengacungkan jempol. Kebanyakan dari mereka tampaknya mahasiswa baru, terlihat dari detail profil yang mereka buat.

Ada satu komentar muncul dari seorang user, lagi-lagi ini mahasiswa baru. Ia tampaknya tau kalao ini script nulled. Dari caranya berkomentar, aku tau kalo dia sudah menguasai banyak tentang dunia web. Apalagi setelah melihat profilnya, mahasiswa ilmu komputer. Walaupun belum menyelami bidang ilmunya itu, aku yakin ia sudah banyak makan garam di dunia web. Pengalamannya didapat dari background usaha yang ia punya, web developer dan domain berbayar. Jelas ini orang bukan tandinganku yang masih pemula ini.

Lain halnya dengan anak baru yang nggak baru ini, ada satu orang lagi yang muncul setelah situs ini mengudara dan mungkin sempat heboh. Aku sempat membuat situs serupa, namun beda sasaran. Sasarannya adalah anggota Koperasi Mahasiswa. Orang yang aku maksud ini sempat mengunjungi situs yang baru aku buat itu, ia berikan komentar di situs Koperasi Mahasiswa IPB yang aku kelola. Ia tanyakan perihal script situs yang aku buat. sengaja tidak aku gubris. Tidak lama setelah itu, beredar selebaran tentang situs jejaring sosial untuk mahasiswa IPB. Situs ini menawarkan beberapa keunggulan. Tampaknya situs ini bermaksud menyaingi situs yang aku buat. Entah situsku yang untuk mahasiswa IPB atau yang untuk anggota Kopma.

Situs yang ia buat menawarkan tiga layanan, jejaring sosial, pemutar video, dan forum. setelah aku kunjungi, ternyata platform yang digunakan beda. Ia pakai Jomsocial, script jejaring sosial berbasis Joomla. Kalo dibandingkan dengan Agribook yang aku rilis, lagi-lagi Agribook kalah kelas. Wajar aja, situs baru ini ia unggah pada server berbayar dan tentu saja domainnya berbayar. Tampaknya tujuan situs ini sudah sangat jelas, bisnis.

Maaf, aku lupa URL situs ini. Silakan gugling, mungkin saja ketemu.

Akhirnya, bagi yang mau sekedar melihat-lihat situs jejaring sosial versi saya, silakan berkunjung ke http://agribook.talk4fun.net

Posting Komentar

8 Komentar

  1. happy ya. ya.. happy happy yaaa.

    BalasHapus
  2. Ohh....hhahaha....
    :))
    kirain itu judul blog sobat, ternyata itu jejaring sosial khusus mhsswa IPB

    :D
    sip gan, sudah diganti kok namanya

    BalasHapus
  3. agribook.... kayak facebook...

    BalasHapus
  4. Sayang aku ndak kuliah di IPB dlu hhe... tapi sukses deh pokoknya hhe...

    Owh sobat di Bogor toh ternyata hhe..

    Oiya Sorry baru mampir lagi Sob... baru blogging lagi nie hhe.. :p

    semangat :P

    BalasHapus
  5. Owwhh gitu toh ceritanya...
    Kalau gitu tolong buatin mbak dunks, Yulissamoabook ...hihihi
    Anyway, thank u atas klarifikasinya yaa.. Sukses selalu ajah buat IPB! Semoga terus eksis menjadi salah satu Institut Terbaik di Indonesia ... ^ ^

    BalasHapus
  6. weeew, keren nih....nah gitu dung mahasiswa hrs pinter n kreatif, tapi aku harap agribook ini dipake u hal2 yg positif ya Rave...success 4 u..!

    BalasHapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims