Selasa, 13 September 2011

Make it as text!

Pada post sebelumnya, BangKoor sudah menjelaskan cara memunculkan angka nol pada Ms Excel untuk penulisan nomor handphone ataupun nomor lain yang memiliki angka nol di awalnya. Masalah yang sering kita temui adalah angka nol yang tidak mau muncul setiap kita mengetikkan nomor telepon atau handphone. Terkadang lucu juga melihat pengumunan yang berisi nomor handphone yang diketik dengan Ms Excel, tidak ada angka nol di depan nomor handphone-nya. Padahal masalah ini sebenarnya bisa diatasi. Trik yang digunakan adalah menggunakan tanda kutip satu (‘). Tanda kutip satu (‘) diketikkan setiap akan mengetikkan nomor telepon pada sebuah cell Ms Excel. 

Nah, pada post kali ini, BangKoor punya cara lain yang bisa digunakan. Prinsipnya adalah membuat deretan angka nomor handphone menjadi text. Penyebab hilangnya angka nol di depan nomor handphone jika diketik dengan Ms Excel adalah karena Ms Excel mengganggap angka yang diketik sebagai number, bukan text. Menurut Ms Excel, tidak ada number berawalan angka nol, sehingga angka nol-pun dihilangkan. Setiap deretan angka yang diketikkan akan dianggap sebagai number, karena Ms Excel sejatinya adalah bukan pengolah kata, melainkan pengolah angka. Namun, jika deretan angka itu diubah formatnya menjadi text, maka angka nol akan tetap bisa dimunculkan. 

Caranya? 


1. Blok cell-cell yang ingin diisi dengan nomor handphone. 
2. Klik kanan, lalu pilih Format cell 














3. Lalu akan muncul jendela Format cell. Pilih tab Number














4. Lalu pilih Text pada box Category
 Perhatikan tulisan yang ada di bawah box Sample.
















5. Klik OK
6. Sekarang cobalah mengetikkan nomor handphone pada cell tadi.

Voilla!! Angka nol pada nomor handphone tidak akan hilang.

Pssssttt.. cara lain yang lebih cepat adalah dengan menggunakan toolbar number pada tab Home. Pilih Text pada dropdown.

Ada yang lebih seru loh!

Make it as text!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 Comments

Sohib MH
Sel Jul 03, 07:27:00 AM delete

Assm wr.wb.
Wah bagus banget, saya senang dg blog ini bisa belajar sendiri tetang program fungsi excel. Terus bagaimana cara bikin program Entry No HP dan masing-masing akan memisah Misal No. SIMPATY 0813211111;08535349123;0812234563;08522522222 maka akan menglompok sendiri persis sperti contoh diatas dan juga yg lainnya seperti Indosat, XL akan memisah dg otomatis.
Terimkasih

Reply
avatar
Sel Jul 03, 06:43:00 PM delete

tinggal disort aja mas. Saya juga belum nyoba sih. tapi tampaknya bisa..

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims