Selasa, 20 Desember 2011

Behind your smile

Ketawa emang nggak hanya hahaha. Senyum juga nggak cuma angkat sudut bibir ke atas, ngebentuk huruf "C" yang diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam.

Ribet ya mau ngegambarin senyum itu gimana. Tapi pada dasarnya, senyum emang nggak cuma 1 macem. Ada sejuta macem senyuman di dunia ini, salah satunya yang sama persis dengan yang kamu punya sekarang. :smile:
Analog dengan macam-macam senyuman, arti dan makna dari senyum itu sendiri juga banyak macamnya. Bahkan bukan cuma senyum yang ada di dunia nyata.

Bagi sebagian orang, mengekspresikan perasaan lewat komunikasi tulisan adalah sesuatu yang semakin mudah. Paling dekat dengan handphone (sms, messenger, dll). Dengan dukungan teknologi yang makin memanjakan penggunanya, telah tersedia ikon-ikon ekspresi (lebih dikenal sebagai emoticon, emote+icon). Dengan icon-icon ini, user bisa mengekspresikan perasaannya dengan sangat gampang. 


Yang mau aku soroti di tulisan kali ini adalah penggunaan emoticon emoticon yang paling sederhana dan umum, emoticon senyum (dilambangkan dengan :) atau :-))

Sejatinya, penggunaan emoticon senyuman adalah untuk mengkspresikan kegembiraan. Tapi seringkali ada penyimpangan penggunaan emoticon ini. Beberapa dari kita seringkali menggunakan emoticon ini untuk mengekpresikan sesuatu yang bukan kegembiraan. Apa saja? 

1. Merayu/membujuk
Ini yang paling sering aku temui. Maksud dari di pengirim adalah merayu atau membujuk si penerima sms atau pesan, dengan mengakhiri sms atau pesan yang dikirim dengan emoticon senyum.
Contoh:
Eh, boy. Mobil lu dpke g? pnjm donk. :)
2. Mencuri hati
Wuih! Maksudnya disini hampir sama dengan poin 1 di atas. Si pengirim sms atau pesan bermaksud mencuri hati si penerima sms atau pesan. Biasanya karena si pengirim sms atau pesan melakukan kesalahan yang sedikit merugikan si penerima sms.
Contoh:
Boy! Mobil lu lecet nih. Td nabrak bajaj di dpn. Gpp yah :)
3. Lagi males ngobrol
Well. Seringkali kita males ngobrol sama seseorang. Entah karena lagi nggak mood, lagi ada kerjaan, atau memang kurang suka sama si lawan ngobrol. Biasanya si lawan ngobrol emang ngeselin, bikin males ngbrol sama dia. Nah, seringkali kita menolak secara "tersembunyi" dengan cuma kirim sms atau pesan pendek yang isinya cuma emoticon senyuman (note: padahal sebenernya di dalam hati kita cemberut kesel).
Contoh:
A: Eh Vina! Ap kbr? udh lma g ktmu. Lg sibuk ap skrg?
B: Baik. Lg ngrjain skripsi. Km?
A: Wah! Udh skripsi aj nih. Eh tau g, kmrn aq liat cowo ganteng bgt loh. Iiiihhh... immuutt dehh...
B: Oh. Ok
A: Eh ktmuan yuk. Lma g ktmuan nih. Ntr aq ceritain ttg cowo yg kmrn deh
B: :)
A: Eh ya ampun Vin, cowo yg kmrn itu lohh... wuaaaa...

4. Lagi kesel
Deskripsinya gimana ya? Biasanya ini kasus antara cewe dengan cowonya.
Contoh:
Cewe: Enak bgt ya. Ujan2 payungan, pke pgngan tangan lg
Cowo: Eh. Km dmna?
Cewe: Km g prlu tau lah. Udh terusin aj
Cowo: Tggu dulu yank. Aq bsa jelasin
Cewe: Udh km terusin aj. Aq gpp kok :)
Beneran deh, contoh nomor 4 sinetron banget...
Ya. Itulah beberapa dari sekian banyak contoh penggunaan emoticon senyum yang menyalahi aturan. Masih banyak makna-makna terselubung lainnya yang belum terungkap. 
Lalu, bagaimana dengan anda? Pernahkah menerima atau mengirim emoticon dengan maksud seperti contoh-contoh di atas? atau ada maksud dan makna yang lain?

Ada yang lebih seru loh!

Behind your smile
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 Comments

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims