Redesign Bus Kampus IPB

Kata orang, penampilan itu adalah segalanya. Penampilan bisa mencerminkan kepribadian. Cuma dari tampilan luarnya, karakter seseorang bisa ditebak.

Apa jadinya kalo penampilannya aja kurang menarik? Apa yang bakal ada di pikiran orang-orang yang melihat penampilan itu?

Well. Sebelum terlanjur jauh ngomongnya, aku mau bilang, pos ini bakal ngomongin moda transportasi masal utama yang ada di Kampus Institut Pertanian Bogor. Bagi yang belum pernah liat, ini aku kasih penampakannya.

sumber foto: bismania.com

  


Sebelumnya mohon maaf kalo seandainya ada pihak dari Kampus IPB yang mungkin punya andil dalam desain bus IPB yang sekarang aktif.

Dua hari yang lalu, aku dengan iseng ngetrace gambar bus, aku buat striping fiktif bus IPB. Setelah jadi, aku pos di sebuah forum penggila bis, bismania.com. Aku tulis di deskripsinya,
"ini mimpi yang aku harap bisa jadi nyata"
Salah seorang anggota forum berkomentar, "coba diusulin aja ke kampus. Siapa tau ada respon". Aku pikir-pikir, ada benernya juga ya. Lantas akhirnya aku coba cari tau, pihak mana yang bertanggungjawab untuk bus di kampus IPB. Aku sempat bingung. Akhirnya aku kirim saja email ke salah satu bagian. Isi emailnya kira-kira gini:

Assalamualaikum.

Dengan hormat,

Saya Arif K Wijayanto, mahasiswa semester akhir mayor Teknik Pertanian IPB. Mohon maaf pak, maksud saya mengirimkan email ini adalah ingin mengajukan rancangan/desain bus IPB. Mengapa bus?

Perlu diketahui bahwa bus adalah salah satu fasilitas dan properti yang tanpa disadari merupakan media ampuh untuk mempromosikan IPB. Bus IPB seringkali menjadi moda transportasi massal andalan yang menghantarkan mahasiswa atau staff pegawai IPB, baik dalam lingkar kampus maupun keluar kampus. Mempertimbangkan desain bus IPB yang telah ada sekarang, yang secara visual kurang menggambarkan IPB, saya mencoba membuat rancangan baru untuk bus IPB. Rancangan yang saya buat adalah rancangan strip baru yang lebih fresh, dinamis, tidak kaku, namun tetap terkesan formal.

Saya kurang tau pasti desainer bus IPB yang terdahulu. Desain simpel dengan hanya menempatkan tulisan INSTITUT PERTANIAN BOGOR  pada sisi-sisi bus, bersebelahan dengan logo IPB, diatas balutan warna silver body bus. Sangat terkesan formal. Namun, kesan akan IPB dirasa masih kurang.

Sekali lagi, pemanfaatan bus tidak hanya sebatas moda transportasi. Namun juga dapat dimanfaatkan lebih jauh sebagai media promosi.

Terimakasih.


p.s.:
1. Mohon maaf jika kiranya saya salah mengalamatkan ide/usulan ini. Karena saya sendiri juga kurang paham, bagian mana yang berwenang dalam hal ini.
2. Email ini hanya menyampaikan usulan. Desain akan saya berikan jika kiranya ada tanggapan positif dari pihak IPB.
Ya. pemanfaatan bus kampus memang rasa-rasanya tidak hanya sebatas moda transportasi. Bus bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang rasanya cukup efektif. Melihat potensi bus yang secara aktif bergerak, tidak hanya di dalam lingkar kampus tetapi juga sampai ke area luar kampus.

Desain seperti yang ada sekarang memang memiliki desain yang simpel, elegan, tapi terlalu terkesan kaku. Tambahan lagi, kurang menggambarkan kampus IPB itu sendiri. Hanya tulisan dan logo di sisi samping bus yang dibalut warna abu-abu. Sangat sederhana.

Eum. Sebelum aku tunjukkan desainnya, mungkin ada baiknya kau tanya dulu, gimana kira-kira pendapat teman-teman tentang desain bus kampus yang ada sekarang. Mohon pendapatnya

Posting Komentar

14 Komentar

  1. munculin desainnya kaka....biar langsung pd ngasih dukungan..hehe

    BalasHapus
  2. Nanti dulu. Tunggu pendapat temen-temen dulu.. desain saya jelek mas..

    BalasHapus
  3. wah,blm apa2 kok merendah....yg jelas, berani usul dengan alasan bagus itu BRILLIANT! Good.

    BalasHapus
  4. Masih takut-takut mas. Soale desainku sering nyeleneh..

    BalasHapus
  5. bikin kontes aja mas, ntar beberapa yang terbaik diusulin ke rektorak

    BalasHapus
  6. bikin kontes aja mas, ntar beberapa yang terbaik diusulin ke rektorak

    BalasHapus
  7. kyknya kontes boleh juga tuh. Tau prosedurnya nggak?

    BalasHapus
  8. Tapi kalo bentuknya kontes harus ada hadiah donk mas...

    BalasHapus
  9.  hadiahnya diusulin minta k pihak IPB, penyelenggaranya atas nama komunitas desain ente itu lho...kan keren!

    BalasHapus
  10. wah! Oke juga ya mas. Ntar saya coba usulin ke temen-temen deh

    BalasHapus
  11. Desainnya bagus banget... Uhh belom ditampilin aja udah bagus, gimana klo dah ditampilin yaa... heheh

    Sorry baru bisa mampir nih...
    Sukses selalu yaa..

    BalasHapus
  12. haha.. mbak yulis ada-ada aja..

    BalasHapus
  13. saya setuju sama tulisan agan.bus ipb design'a terlalu sederhana dan sekarang menurut saya tidak terawar juga. mungkin bus ipb lebih cocok dengan warna hijau menggambarkan bahwa ipb sebagai green campus. referensi bisa liat design'a bus transZENTRUM yang ijo

    BalasHapus
  14. saya setuju sama tulisan agan,.bus ipb design'a sangat sederhana dan (sekarang) tidak terawat juga.mungkin lebih bagus kalo warna ijo sebagai gambaran green campus.buat referensi bisa liat bus transZENTRUM yg warna ijo bisa diliat di link ini http://i1178.photobucket.com/albums/x374/jagad1504/3110201214.jpg

    BalasHapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims