Fokus dan Perhatian

Hei kamu. Coba perhatiin cerita ini. Boleh juga bikin catatan kecil. Jawab pertanyaannya setelah ceritanya.

www.hangtogetherblog.com
Andai kamu seorang sopir bus. Suatu hari, di dalam bus sudah ada 5 penumpang. Saat berhenti halte pertama, ada 3 penumpang naik, tidak ada penumpang turun. Di halte berikutnya, 4 penumpang naik, dan 1 penumpang turun. Ada 1 penumpang turun di halte berikutnya. Di setiap 4 halte selanjutnya, ada 2 penumpang naik, dan 1 penumpang turun. Setelah tiba di halte transit, separuh dari total penumpang turun, dan 5 penumpang naik. 

Berapa jumlah penumpang di dalam bus sekarang?

Kalo jawaban kamu 12 penumpang, kamu benar!

Tapi bukan itu pertanyaannya.

Pertanyaannya: Berapa kali bus itu berhenti?

Ada yang bisa jawab?

Mungkin masih ada yang bisa jawab. Ya, bus itu berhenti setidaknya 8 kali.

Lalu kalo aku tanya, siapa nama sopir bus itu?

Mungkin kamu baru bisa jawab setelah baca ulang cerita itu, dan kamu dapat jawabannya di kalimat pertama, lalu senyum-senyum sendiri :-)
efficiencyhq.com

Itulah pengaruh dari fokus dan perhatian. Kalo baca cerita tadi, kebanyakan orang akan fokus dengan 1 hal yang menurutnya paling menarik. Perhatiannya hampir secara penuh kesana, dia abai dengan hal lain yang mungkin lebih penting. 

Dan ini lagi terjadi sama aku sodara-sodari.

Semester ini aku mengambil beberapa mata kuliah. Seperti biasa, setiap semester, ada mata kuliah yang aku suka banget, aku suka, aku agak suka, dan aku kurang suka. Yah namanya kudu diambil, jadi sedikit banyak ada keterpaksaan disana. Dan kamu tau lah, seperti saat kamu menjawab pertanyaan cerita tadi, aku jauh lebih fokus sama mata kuliah yang paling aku suka. Dan (sedikit) abai dengan mata kuliah lain.

Mbak Ely baru aja ngepost tentang kemalasan. Dan mbak, ini lagi terjadi sama aku.

Minggu-minggu ini aku lagi ditembakin tugas-tugas kuliah dan laporan praktikum dengan deadline-deadline yang mepet. Dan kabar kurang baiknya, itu semua tugas dari mata kuliah yang kurang aku suka. Tugasnya seru sih, tapi laporannya itu yang aku kurang semangat ngerjainnya. Ini beda kasus dengan paruh semester lalu, dimana ada 1 tugas dari mata kuliah yang aku suka (pake banget). Aku rela begadang berhari-hari buat ngerjainnya. Dan syukurnya, itu terbayar lunas. Yah setidaknya aku puas, walaupun belum tau pasti dengan hasilnya. ALhamdulillah.

Satu lagi, sebenernya waktu bikin draft post ini, aku lagi mau ngerjain laporan. Karena ada hal lain yang lebih menarik (baca: nulis draft post ini), perhatianku terpecah.

Aih, kyknya aku kudu membagi perhatianku sama ke setiap dari mereka. Kudu adil, rif!

Kamu gimana? Lagi dikejar deadline juga? Apa punya pengalaman yang sama? Yuk cerita

*potongan cerita di atas diambil dari buku How To Develop a Super Power Memory (1957) karya Harry Lorayne, dengan pengubahan.

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Hahah.. Aku suka banget cerita tentang logika dan psikotest kek di atas. Karena kebanyakan tebakan ku bener semua. Yeeee~ :D

    Iyah. Sama Bang, aku juga dikejar deadline wisuda tahun ini. Yang bikin males bukan apa-apa sih, perkara dosennya yang, uhm, kurang adil.. Aku dateng tiap hari tapi dicuekin dan ditolaaaak terus. Hiks.. Jadi patah hati :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahh.. padahal niatnya mau ngerjain beby..

      Emang sekarang semester berapa beb?

      Hapus
    2. Justru suka tauuuuukk :D
      Makanya di postingan ku sering banget ada psikologi secara terselubung, biar tau gimana reaksi orang-orang. Bahahah

      Errr.. Semester 10.. -__-

      Hapus
    3. oh gitu? kok aku nggak sadar ya? jangan-jangan selama ini aku terjebak?

      Wuih. Tenang. Masih ada jatah 2 semester lagi :-D

      Hapus
    4. Wkwkwk.. Banyak kok yang kejebak :D

      Ngga bisa tenang nih, uda pengen cepetan lepasin titel mahasiswi. Heheh.. Doain biar semuanya lancar ya, Bang ^^

      Hapus
    5. Haha...
      Aku dulu juga awalnya sering dicuekin sama dosen pembimbing. Temen-temen udah pada mulai penelitian, aku proposal pun belum. Tapi begitu proposal jalan, beres, aku tiba-tiba jadi yang pertama ajuin draft skripsi. Ya udah sejak itu aku yang didorong-dorong supaya cepet lulus. Akhirnya bener deh, aku yang lulus pertama diantara temen-temen sebimbingan :-D

      Ayo ayo semangat!

      Hapus
    6. Semangaaaattt! :D
      Nunggu seminar nih, baru bimbingan skripsi.. Untung skripsi uda kelar, tinggal revisi ajah.. Dan.. Untung cuma bedah buku, ngga penelitian :p *melet*

      Yang ini ngambil S2 ya, Bang?
      In Shaa Allah selancar yang pertama yaaah.. ^^

      Hapus
    7. Hoho.. Enak ye yang nggak penelitian.

      Ayo ah, buruan wisuda. Biar cepet bisa posting tentang wisuda :-D

      Hapus
  2. Aku nggak jago soal beginian,,,

    Tapi kalau fokus, ya insyaAllah bisa. Perempuan itu multitask sih ya,

    Oiya dulu aku males banget tuh sama algor, matek, ikon,, asal masuk kuliah, merhatiin g fokus, , ujian seadanya hasil seadanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seada-adanya mbak Nurul mah teteup aja bagus

      Hapus
  3. Saya sih biasanya fokus kalo kerja.
    Asal gak ada cewek cantik lewat aja bro.
    Kalo ada cewek cantik lewas, langsung buyar seketika, lost focus, hahahah.... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa... :-D
      Kalo gitu harusnya di kantor ente kudu cowok semua ye bro

      Hapus
  4. Makasih linknya ya :)

    malas nggak malas pd akhirnya diwajibkan buat mengerjakan apa yg seharusnya dilakukan ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Akhirnya selesai juga kok. Emang harus digerakkan. Kalo ngikutin males sih nggak akan beres :-D

      Hapus
    2. iyalah, males kok diikuti rugi dong :)

      Hapus
  5. kalo fokus jadi modal utamanya ya kang,,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang. Fokus itu penting, tapi jangan terlalu fokus juga. Terus terang aku juga kadang kurang suka sama temen-temen yang fokus banget, sampe-sampe noleh ke sebelah pun nggak :-D

      Hapus
  6. Kalau saya pas kerja di depan komputer yang nggak ada keperluannya dengan Internet, maka LAN'nya saya disabled. Soalnya kadang ngganggu fokus n konsentrasi kerja juga, pengennya buka ini-itu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya kalo di kantor emang suka diblock ya bang?

      Hapus
  7. Wahahah.. saya termasuk yang tertipu dengan pertanyaannya. Pfffftttt.. -_-"

    Eh,. lagi ngomongin kuliah ya? Hweheh.. Semangaaatt Semangaaaattt. Naik turun dalam mood nyelesaikan tugas itu pasti ada. Dan saya dulu juga sama dengan kamu, sukak pilah pilah mata kuliah yang disukai dan tidak. Percayalah, itu tidak salah, karena akan menentukan passionmu kedepan seperti apa. Termasuk memilih tema tugas akhir dan bidang pekerjaan.

    Smangat yaaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahai.. trus siapa nama sopr busnya mbak?

      Iya mbak. Harus terus semangat nih :-D

      Hapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims