E-mail Address is not Case Sensitive

Hallo pirsawan sekalian!

Lama yah nggak jumpa. Maklum, faktor peran memang lebih gede pengaruhnya. Musim ujian broh. Perhatian jadi teralihkan. Hadeuh, sebenernya sih ujian cuma alasan aja, aslinya mah emang lagi nggak ada ide buat jadi bahan tulisan. Haha..

Tapi emang beneran lagi musim ujian kok. Beneran..

Ngomongin soal ujian, kemaren baru aja aku beres ujian. Ujian terakhir di semester ini. Dan kamu tau? ada satu hal unik yang aku dapet sebelum ujian kemarin. 


Dua hari yang lalu, pihak sekretariat (baca: yang ngurusin kuliah) minta alamat email masing-masing mahasiswa. Katanya soal ujian besoknya bakal dikirim ke email masing-masing mahasiswa sesaat sebelum ujian. Yang unik bukan karena soal ujian yang dikirim ke email mahasiswa, karena itu bukan kali pertama yang aku alami. Yang unik adalah saat aku kasih alamat email aku, secara nggak sengaja aku ketik dengan huruf awalnya adalah huruf kapital (A[email protected]). Aku bilang nggak sengaja karena aku ngetiknya di handphone yang emang otomatis koreksi huruf kapital di awal. Dan ternyata si mbak-nya bilang, "mohon diperhatikan huruf kapitalnya". Hmmm.. karena setau aku alamat email emang nggak case sensitive alias nggak peduli sama huruf kapital, aku refleks nyeletuk, "mohon maaf mbak, nggak masalah kok. Alamat email nggak case sensitive"

Dengan yakin aku kirim pesan itu. Tapi lama-lama kok jadi nggak yakin juga ya? Karena si mbak-nya bilang, "OK. Nanti saya kirim sesuai dengan yang tertulis". Hoho! Gimana kalo emang beneran case sensitive? Aku nggak nerima soalnya donk? Gimana kabar ujianku kalo gitu?

Karena penasaran, aku search di gugel. Dan ternyata...

Aku bener! E-mail address is not case sensitive. Dan di luar sana, banyak orang yang juga penasaran dengan hal yang sama. Karena aku pake gmail, nih aku kasih kutipan penjelasan dari gmail.

Gmail doesn't recognize dots as characters within usernames, you can add or remove the dots from a Gmail address without changing the actual destination address; they'll all go to your inbox, and only yours. In short:

All these addresses belong to the same person. You can see this if you try to sign in with your username, but adding or removing a dot from it. You'll still go to your account.

Tuh, liat contoh yang kedua dan ketiga. Bahkan kalo pake kapital semua juga nggak masalah. Dan ternyata, gmail nggak memperhitungkan karakter titik/dot. Jadi kalo aku punya alamat email [email protected], kamu bisa aja ketik huuf A yang di awal dengan A 'kecil', pun kamu nggak perlu ketik titik/dot-nya. Insyaallah sampe :-D

Aku nggak tau dengan email provider lain yah. Monggo dicari tau sendiri. Tapi kyknya sih sama. Semua email address nggak case sensitive. Alasan paling masuk akal adalah bahwa seluruh email ditransmisikan melalui suatu protokol yang namanya Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) yaitu suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Nah ternyata si SMTP ini sendiri nggak case sensitive, makanya alamat emailnya pasti nggak case sensitive juga donk.

Nah sekarang nggak ragu lagi donk, alamat email nggak case sensitive. Jadi kalo ada temen kasih alamat email yang ada huruf kapitalnya, jangan suruh dia periksa alamat emailnya. Entah itu dia sengaja ketik begitu atau nggak, kamu bakal tetep bisa kirim email ke dia nggak peduli kamu ketik alamatnya sesuai yang dia kasih atau nggak. Tapi disaranin sih diseragamin aja yah, pake huruf 'kecil' aja. Biar nggak ambigu. 

Udahan ah ngomongin alamat email-nya. Sekarang aku mau laporan nih. Kepalang ngomongin email, aku juga pengen ngomongin "surat" dari Jerman. Akhir bulan lalu aku ikutan ngeramein acaranya mbak Ely di blognya. Nama acaranya "From Dunia Ely with love". Nah empat hari yang lalu, kartu pos yang ditunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Tadaa!!



Makasih ya mbak. Maap baru bisa laporan. Jadi pengen balesin nih. Pengen dibalesin nggak mbak? Aku jadi orang keberapa yang laporan udah sampe nih?

* email icon by Pixel Buddha
* referensi gmail: https://support.google.com/mail/answer/10313

Posting Komentar

26 Komentar

  1. alamat email tidak case sensitive jadi tenang deh, ujian lancar kartu pos duniaely nyampai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay! Udah lama nih mbak Salma nggak mampir

      *aku juga udah lama nggak mampir kesana :D

      Hapus
  2. That's something I didn't know! never occurred to me that it wasn't case sensitive. I still see people using capital letters all the time, same happens to website addresses,,,cheers!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi ric! Is it you who come to my instagram? Great to know you :)

      Yap. Website address (URL) are also not case sensitive

      Hapus
  3. Yeeee... Gmail emang okeh :D *pecinta Google* *bahahah*

    Ah si Abang mah goldar A banget.. Gitu aja sampe parno. Muaahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. *toss* Kita sesama google addict :-d

      ihh gimana nggak parno, ujian akhir gitu loh beb. Bahaya kalo sampe g bisa ujian

      Hapus
    2. Toss! :D

      Hihihi.. Lha kalo skripsi ngga ada UAS ya, Bang. Wkwkwk :P

      Hapus
    3. skripsi mah ada tau. Ntar, sidang :p

      Hapus
    4. Aaaaah.. Malah diingetiiiin.. -_-

      Hapus
  4. heheheh iya ga sensitif kok..soalnya email orangnya tenang, ga sensi-an hahahaha..
    btw sy juga dah dapat kartu pos dari mba ely :D #pamerJuga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. bisa aja ya mas :D

      Wueh mas Danni ikutan juga toh. Kyknya aku bukan yang pertama nih

      Hapus
    2. ikutan dong :D hehehe..iya itu nyampenya kapan?

      klo sy udah beberapa hari yang lalu dan sudah dipostingkan :D, buat koleksi jadinya hahaha...

      Hapus
    3. Empat hari yang lalu kalo nggak salah. Cepet juga ya sampenya

      Hapus
  5. wah,,ternyata mas nya salah satu yg dpat kartu pos dari mbak ely ya,,aku belum kebagian jatah,,,keren banget ya,,,,pengennnnn juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi,, mbak Dwi kenapa kemaren nggak ikutan?

      Hapus
    2. Ntar ikutan mbak kalau ada bagi bagi kartu pos lagi ya, Insya Allah tak beritahu deh :)

      Hapus
    3. pasti ikutan lgi ntar mas,,,siap mbak el,,makasih buat semuanya :)

      Hapus
  6. Wuiii ... Postcardnya mejeng di sini, thanks ya :)

    Kamu Blogger ke 8 yang nerima nih, ntar ikutan lagi ya? :)

    Makasih, aku lebih suka mengirimi daripada dikirimi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk mbak.. hahai.. makasih ya mbak.. jadi pengen ikutan lagi nih ;)

      Hapus
    2. Harus dong hihihi ... rugi kalau enggak ya? :)

      Hapus
  7. biasanya yg case sensitive itu cuma password yak, eh captha juga suka ada deng yang sensitive..

    Waah, asiknya dapeet kiriman dari jerman :D, ntar aku ikutan ah kalo ada lagi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap. Kalo password biasanya emang case sensitive. Apalagi capcay, itu sensitif banget :D

      Kirain rani kemaren ikutan juga

      Hapus
  8. Bagus kartu pos nya ya ... keren masih ada budaya gini. saya suka ngumpulin kartu pos juga. tapi ndak suka ngirim nya kkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. iya bang. Itu dari mbak Ely :)

      Aku dulu suka kirim kartu pos. Buat kuis di majalah anak-anak :D

      Hapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims