Minggu, 06 Juli 2014

Mudik 2014: Misi Berantas Bunet

Fajar di Selat Sunda - Edisi mudik 2009
Yeay! Mungkin saat post ini terbit, aku baru aja tinggal landas menuju pulau Sumatera. Dan beberapa jam setelahnya, aku sudah tiduran di sofa rumah. Yeay! Aku mudik!

Dan mudik kali ini punya misi khusus: aku jadi duta bunet, misinya mau berantas bunet (baca: bunet = buta internet). Sebenernya kendala utama kenapa bunet di kampung halamanku sulit diberantas adalah karena sulitnya akses internet. Telepon kabel pun nggak semua rumah sudah tersambung, termasuk rumah aku. Warnet ada, tapi tarifnya mahal. Sinyal broadband juga timbul tenggelam.

Makanya di misi ini aku dipersenjatai sebuah USB modem, dengan provider yang katanya punya jaringan luas se-tanah air. Harapannya dengan pake provider ini, sinyalnya bisa tembus minimal 3G.

Nah. Setidaknya aku punya 3 target untuk misi ini:

1. Bapak
Bapak butuh internet untuk kerja. Dulu sempet tanya-tanya ke aku tentang e-mail. Waktu itu ada rekan kerja bapak yang minta kirimin data via email, tapi karena bapak belum paham email, jadi ya nggak bisa kirim ke rekan kerjanya. Aku, karena jauh, jadi belum sempet ngajarin.

TARGET MINIMAL: Bisa buka & kirim email
2. Ibu
Ibu sering nerima order katering. Kyknya kalo ibu bisa akses internet, ibu bisa dapet lebih banyak resep-resep masakan baru. Ibu juga suka baca-baca artikel-artikel Islam, obat-obatan tradisional, dll. Bakal lebih cakep kalo ibu bisa akses internet.

TARGET MINIMAL: Bisa akses internet (Google)
3. Adik
Adik bungsu aku baru aja lulus SD dan segera masuk SMP. Internet pastinya bisa membantu banget untuk ngerjain tugas sekolahnya. Pastinya tugas sekolah SMP lebih mantep daripada tugas SD. Bikin kliping, bikin tulisan, cari puisi, dll. Biar referensinya lebih oke, internet mungkin bisa membantu. Sebenernya bisa aja pergi ke warnet, tapi tarif warnet disana mahal bro, mending duitnya buat beli pulsa modem.

TARGET MINIMAL: Bisa akses internet (Google), ngerti website-website tertentu sebagai sumber informasi

Hihi. Masa akunya tiap hari nyelem di dunia maya, eh keluarganya nggak pernah diajakin. Kurang cakep kyknya. Dimulai dari keluarga dulu, siapa tau nanti bapak, ibu dan si adik aku bisa nyebarin lagi ilmunya ke temen-temennya.

Gimana? Kamu mau jadi duta bunet juga?

Ada yang lebih seru loh!

Mudik 2014: Misi Berantas Bunet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

39 Comments

Min Jul 06, 09:06:00 AM delete

Hihihi.. Gaya banget foto di Selat Sundanya, Bang.. :P
Mana lah foto Bapak, Ibu dan Adiknya pakek tokoh The Incredible pulak..

Kalo aku ngga mau jadi duta bunet.. Nyerah mah. Lagian yang diajarin emang ngga mau dan uda lemes duluan katanya.. Ngahahahah :D

Reply
avatar
Anonim
Min Jul 06, 11:09:00 AM delete

mudikk kemanaa kak? oleh2 x) *lah
wah ternyata pulkam membawa misi mulia nih... semoga sukses yak misinya...
hmmm duta bunet..... kanjeng mamii ud bisa sih kak malah aktif bngt d FB =.=

Reply
avatar
Min Jul 06, 04:04:00 PM delete

selamat mudik mas :)... semoga jadi duta bunetnya sukes, lebihi target: baik target apa yg diajari, dan juga target orang2nya :D.. siapa tahu ngajari tentangga2nya..aamiin :)

Reply
avatar
Min Jul 06, 07:27:00 PM delete

Selamat menikmati keindahan kampung halaman ya dan sukses buat duta bunetnya :)

Reply
avatar
Sen Jul 07, 12:02:00 AM delete

Mudik kemana Bang? Palembang atau Muba?

Reply
avatar
Sen Jul 07, 05:05:00 AM delete

wah,,,pulang kampung mas,,,,kapan balik ke bogor lagi,,eh misinya keren ya buat keluarga,,,jaman sekarang emang nggak boleh bunet ya,,,rugi,,,

Reply
avatar
Sen Jul 07, 03:39:00 PM delete

Wah kita punya misi yang sama. Kalo saya sih ada kakak yang tinggal sama orang rumah. Dia biasa ngajarin orang rumah. Adik saya yang mau SMP juga udah make internet buat cari2 bahan kliping. Keren ndak sih anak-anak jaman sekarang :D

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:44:00 AM delete

Hihihi... Yeay! Coz we are The Incredibles!! :D

Hmm.. aku juga belum coba nih. Di rumah, baru kali ini keluarin laptop. Makanya baru bisa balesin komen,,
Kyknya cuma adik aku yang bakal paling semangat diajarin :D

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:46:00 AM delete

Ke kampung halaman atuh keii :D
Di sumatera selatan. Tau donk oleh-olehnya apa..

Iyah.. itung-itung amalan ramadhan.. hihi

Wuih.. kanjeng maminya keii udah gahol ternyata yah..

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:49:00 AM delete

Aaminn.. doakan semoga berkah ya mas... ^_^

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:50:00 AM delete

Makasih mbak Ely.. kapan nih mbak El mudik lagi?

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:50:00 AM delete

Hoho.. ade kuyung muba pulek di sikak :D
Ke muba om, sungai lilin

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:51:00 AM delete

Heeuh mbak. Lubur panjang nih. Balik lagi ke bogor bulan agustus

Makanya aku bikin misi gini mbak. Doakan saya ya mbak :D

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:52:00 AM delete

Wuih.. udah sukses belum misinya bang?

Kalo anak kota mah emang kudu bisa. Kalo nggak bisa ya kebangetan atuh, bisa ketinggalan sama temen-temennya

Reply
avatar
Anonim
Sel Jul 08, 05:20:00 AM delete

wew :3
aku insyaAllah baru mudik deket2 lebaran... *ikutan
=.= iyah kak,,,, mama aku update sekali lah sejak fb..
anaknya aja ud ga pernah main fb lagi...
dan baru2 ini Alhamdulillah akhirnya mama punya wasap dan bisa pake wasap *bahagia
wakakakaka

Reply
avatar
Sel Jul 08, 05:53:00 AM delete

Wuh.. sukses donk misi-nya keii.. aku mah nggak mau ajarin sosmed.. yang basic aja.. takutnya ntar kalo diajarin sosmed, jadi kepoin anak-anaknya :D

Reply
avatar
Anonim
Sel Jul 08, 07:46:00 AM delete

hahahha... nggak kepo juga sih jatohnya...soalnya kan Kei nggak punya FB... trus wasap juga gara2 saya kadang ga punya pulsa sms,, pulsanya abis buat daftar paket internet ... jd kl ada wasap kan enak kak... kalo pas ga ada pulsa sms bisa ttp komunikasi...

Reply
avatar
Sel Jul 08, 09:04:00 AM delete

Masah utama di sana bukan bunet nya bang tapi emang infrastruktur jaringan yang rada......kita semua tahulah :)

Reply
avatar
Anonim
Sel Jul 08, 12:15:00 PM delete

Wah, sungguh sebuah misi yg mulia, Mas!

Ayah dan ibuku agak-agak bunet. Tapi mereka sudah lumayan fasih mainan facebook lewat ponsel, hehe....

Reply
avatar
Sel Jul 08, 04:01:00 PM delete

Hihihi.. :P

Wkwkwk.. Kalo uda sampe di rumah, keknya jarang jugak pegang lappy ya, Bang..
Ngumpul bareng keluarga atau temen lama.. *sotoy*

Kenalin dooonk sama adeknya.. :D

Reply
avatar
Rab Jul 09, 10:37:00 AM delete

Aku kalo di rumah justru lebih sering buka laptop loh beb. Aku kan anak rumahan. Jadi nggak punya temen buat diajak maen :D

Eh iya, adek aku SMP nih beb. Mau dikenalin?

Reply
avatar
Rab Jul 09, 10:38:00 AM delete

Aku mah masih aktif di FB. Bahaya kan kalo ortu sampe terjun ke FB juga...

Ortu aku mah andalannya cuma sms. Karena hapenya juga nggak mendukung untuk wasap :D

Reply
avatar
Rab Jul 09, 10:39:00 AM delete

Yap! Tepat seperti yang aku bilang di atas bang. Bunet sulit diberantas karena jaringan dan infrastuktur memang belum mendukung

Reply
avatar
Rab Jul 09, 10:40:00 AM delete

Wuaa.. bukan Medan mbak. Beby tuh yang Medan.
Aku sumatera selatan :)

Reply
avatar
Rab Jul 09, 10:40:00 AM delete

Hihi.. iya mas =D

Hoho.. kalo udah biasa akses facebook mah udah lumayan tuh mas

Reply
avatar
Kam Jul 10, 06:04:00 AM delete

Samaaaa.. Aku juga anak rumahan.. :D

Buahahahah..
Ngga mau ah, nanti adek Abang malah naksir lagi. Wekekekekk.. :P

Reply
avatar
Kam Jul 10, 01:21:00 PM delete

Istilah baru bagi saya dalam dunia internet "Bunet" , Buta Internet.

Reply
avatar
Jum Jul 11, 09:09:00 AM delete

temen kita di dunia maya yah beb :D

Hihi.. ya kan siapa tau kita bisa besanan :D

Reply
avatar
Jum Jul 11, 10:30:00 AM delete

Wkwkwk.. Iya, Bang Arif.
Ngga nanggung banyaknya malah. :D

Haaaa? Besanan? Iparan kaliii maksudnyaaaa :P

Reply
avatar
Jum Jul 11, 10:46:00 AM delete

Haha.. iya, kamsudnya ituh. Jadi mau nih? :D

Reply
avatar
Jum Jul 11, 10:55:00 AM delete

Buahahah.. Kemudian aku disangka pedofil! :P

Reply
avatar
Jum Jul 11, 10:26:00 PM delete

Wah .. belum tahu nih, aku ini orangnya moody sih, mudik kalau pengen :)

Reply
avatar
Anonim
Sab Jul 12, 12:43:00 AM delete

aku lupa misi berantas bunet di keluargaku sejak kapan.
sekarang sih bapak ibu ku ud di tahap jd kepoers tetap segala sosmed dan blog ku. jd posting n komen2 di blog tuh masuk radar beliau berdua.
googling de el el jg ud canggih. malah rada lebay skrg dikit2 kirim foto via WA.
awalnya sih karena keluargaku LDR an semua ya, mencar2 gitu tinggalnya. jd manfaatin internet buat komunikasi lebih gampang.

Reply
avatar
Min Jul 13, 05:13:00 AM delete

Wuih enak kalo gitu mah.. ni ibu bapak aku kyknya kurang semangat. Masih tetep nganggap yang manual dan offline lebih gampang

Reply
avatar
Min Jul 13, 05:14:00 AM delete

Hadeuh.. enak yeh yang mudiknya nunggu mood. Lah aku nunggu duitnya cukup buat beli tiket

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims