Aku, Komputer Pertamaku, dan Absurd-nya Microsoft Paint

Aku, pertama kali mengenal komputer saat kelas 2 SMP, umur sekitar 13 tahun. Mungkin termasuk telat untuk ukuran anak jaman sekarang.

Monitor, jadi satu-satunya yang tersisa. Kini dimuseumkan
Waktu itu, ada tetangga yang menjual komputernya dengan harga murah. Merasa penting, bapak inisiatif beli komputer itu, untuk anak-anaknya supaya bisa belajar. Seperangkat komputer bekas lengkap dengan printer-nya, berprosesor Intel Pentium II, OS Windows 98, dan RAM 256 MB. Spesifikasi buruk di jaman sekarang, tapi menjadi standar di masa itu.

Hmmm.. Mungkin waktu itu aku patut bangga, karena bisa jadi cuma aku satu-satunya yang sudah pernah pegang komputer, diantara teman-teman sekelas, bahkan  se-sekolah. Hihi.. Karena itu juga aku jadi satu-satunya murid yang bisa mengoperasikan komputer, walau cuma Ms Office. Bahkan karena itu juga aku pernah jadi sekretaris OSIS. Karena aku pinter, aku tampan, aku jagoan, dan aku terkenal? Bukan! Cuma gara-gara aku bisa komputer. Maklum, aku bukan anak kota, komputer waktu itu masih jadi misteri bagi kami. Hihi..

Back to topic...

Setelah adanya komputer itu, aku jadi tambah rajin mendem di rumah. FYI, aku emang anak rumahan. Ditambah ada mainan baru, tambah nggak pernah keluar rumah deh.

Satu yang paling bikin seneng waktu pertama kali pegang komputer: bisa ganti wallpaper! Hihi.. Itu senengnyaaa.. mungkin sama senengnya kyk bisa bikin kloningan Ms Word kali ya..

Komputer itu offline, nggak ada koneksi internet, karena memang aku nggak ngerti, bapak pun nggak ngerti, dan memang jaringan internet waktu itu belum masuk. Bahkan, media penyimpanan yang removable cuma CD (itupun cuma CD-R) dan disket. Waktu itu belum jamannya USB. Dan sekalipun aku nggak pernah pake disket. Jadi boro-boro mau nonton video di yutup, mau buka Winamp buat dengerin lagu pun nggak bisa. Tapi begitu aku dapat 1 file, yang ternyata itu file audio, akhirnya aku bisa dengerin komputerku bersuara. Dan kamu tau, file itu adalah file mp3 demo Winamp. Yang bunyinya: WINAMP WINAMP ITS REALY WHIPS THE LLAMA'S A**



Salah satu hasil ekspolasi waktu itu, aku nemu satu program aplikasi yang keren banget, Microsoft Paint. Hmm.. Aku langsung jatuh cinta sama aplikasi untuk menggambar itu. Tiap hari pasti aku buka paint. Apa yang aku gambar?

halah, kamu mah paling juga gambar dua gunung yang tengahnya ada matahari senyum, rif...

Hoho. Aku malah nggak bisa gambar begitu pake paint. Beneran!

Aku sering bikin sesuatu yang mungkin nggak banyak dibikin anak seusia aku waktu itu. Beberapa yang sering aku gambar pake Ms Paint:

  1. Kapal/perahu motor, karena waktu itu lagi suka kapal/perahu
  2. Stadion sepakbola, mulai dari tampak atas, samping, dan depan
  3. Sirkuit balap, cuma tampak atas
  4. Logo/emblem tim sepakbola beserta kaosnya
Yang terakhir itu yang paling sering aku bikin.

Hah? Kamu jago banget ya rif bisa bikin logo pake MS Paint doank.

Haha. Aku nggak sejago itu kok. Semua itu nggak kan mungkin tanpa dibantu Ms Word dan file-file clip art yang ada. Aku bisa bikin huruf melingkar pake Wordart yang di Ms Word, bisa bikin gradasi warna, yang nggak mungkin dibikin pake Ms Paint. Tinggal copy paste deh. Hehe..

Yang paling membanggakan, waktu itu salah satu logo yang aku bikin, akhirnya dipake tim sepakbola SMA-ku. Yah walaupun cuma jadi kop surat di satu pertandingan, setidaknya ada karyaku yang kepake.

Sayangnya, semua karya yang jadi kenangan itu nggak sempat diselamatkan. Gimana mau nyelamatin, pake disket nggak bisa, mau pake flashdisk apalagi. Jadi ya begitu komputernya rusak, hilang semua kenangan itu.

Kenangan yang tersisa sampai sekarang adalah kenangan selama asyik bikin gambar pake Ms Paint. Kenangan itu adalah absurd-nya Ms Paint. Hoho.. Berani amat aku bilang Ms Paint absurd. Yah sebagai konsumen, boleh donk aku berpendapat begitu. Itu emang ada, dan sekarang, di versi terbarunya semua hal-hal absurd itu kyknya udah nggak ada.

Beberapa hal absurd yang aku temukan antara lain:


  1. Undo cuma bisa 3 kali
    Ini yang paling ngeselin. Jadi kalo ada yang salah, pengen undo, batasnya cuma 3 kali. Entah apa alasannya bisa begitu. Yang pasti kalo ngegambar kudu hati-hati banget.



  2. Mau pake Fill with color? Jangan sampe bolong!
    Ngeselin kalo mau ngewarnain pake Fill with color, itu loh yang icon-nya kaleng tumpah, tau-tau warnanya kemana-mana. Haha.. Itu tandanya objek yang mau diwarnain 'bolong'. Kita harus cari dulu dimana bolongnya. Kalo ketemu, tambal deh. Baru bisa diwarnain.



  3. Semua objek jadi satu
    Nggak kyk CorelDraw yang objek-objeknya terpisah, atau bahkan Photoshop yang punya layer-layer, Ms Paint nggak kenal objek. Segala yang ada di kanvas dianggap satu objek. Akibatnya, kalo kita mau hapus satu objek, kudu hati-hati karena bisa jadi objek lain kehapus.


  4. Hasil paste selalu muncul di pojok kiri atas
    Hihi.. Ini kadang nyusahin. Karena kalo misal di pojok kiri atas sudah ada objek gambar, begitu nge-paste, harus hati-hati mindahinnya, bisa-bisa objek lain yang ada disitu ikut berpindah. Makanya aku biasanya ngosongin pojok kiri atas.


  5. Pilihan warna sedikit
    Yap! Cuma ada 28 pilihan warna di pallete. Ini wajar aja sih. Tapi ya emang, gambar jadi monoton banget. Nggak bisa bikin transisi warna. Ngakalinnya ya pake Ms Word, kyk aku dulu. Haha.. 
Banyak juga ya absurd-nya. Tapi buat kamu yang belum sempet pake Ms Paint versi classic itu, tenang aja, di versi Ms Paint terbaru, yang nempel di Windows 7 ke atas, semua hal-hal absurd itu udah nggak ada. Walaupun jangan juga kamu bandingin sama Coreldraw, Photoshop, atau malah Illustrator.

Ms Paint classic (sebelum Windows 7)

Ms Paint versi terbaru (setelah Windows 7)

Hmm.. Kamu punya kenangan sama komputer pertama nggak? Pernah bikin gambar pake Ms Paint juga? Cerita yuk..

Posting Komentar

39 Komentar

  1. Paint yang sekarang juga fitur nya masih sama kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. iya mas. Nggak begitu banyak perubahan sebenernya. Kecuali interface-nya. Tapi satu yang pasti, undo udah nggak cuma 3 kali lagi :D

      Hapus
    2. wah, sampe sedetil itu tau nya. saya paint cuman pake buat copy and paste clipboard :D

      Hapus
    3. Hihi.. iya mas.. Terutama buat paste hasil printscreen :D

      Hapus
  2. gimana mau punya kenangan sama komputer pertama, orang sampai sekarang aku aja masih pake komputer pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. wajar lah.. aku juga awal-awal masuk SMA masih pake komputer pertama ini

      Hapus
  3. saya juga pas kelas 2 smp bang pertama punya kompi. dgn spek pentium 2 800 mhz, ram 64 mb dan hardisk 3 gb (superwow) hahaha. sekarang masih ada bangkainya dirumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuedeh.. itu sebenernya aku juga lupa-lupa RAM-nya berapa.. :D
      Dipake buat jalanin AutoCAD langsung semaput itu wan :D

      Hapus
  4. Pertama kali saya punya komputer sendiri itu kelas berapa ya? Kelas 2 atau kelas 3 SMP kayaknya. Waktu itu cuma bisa ngetik dan main game. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama donk mbak. Game-nya pasti solitaire :D

      Hapus
  5. Aku ngga punya komputer.. Pertama kali ya langsung beli laptop, itu pun di usia 20 tahun.. Bahahahah.. :D

    Paling sebel gambar-gambar di Paint. Enggak asik! Cobak adobe illustrator Bang, dijamin seruuuu.. Eheheh.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuh.. baru pake langsung jago bikin virus ya beb?

      Yee jaman dulu mah illustrator mana ada. Sotosop aja masih dipikirin

      Hapus
    2. Ihihihi.. Belajarnya dari abang tetangga depan rumah.. :D
      Enggak jago sik.. Buktinya virusnya masih bisa disembuhin.. Weeeek! :P

      Lha.. Zaman sekarang dongs ah. Ngapain mengingat yang lalu-lalu? *eh*

      Hapus
    3. Hihi.. bikin yg lebih kebal donk. Kirim terus ke situs yang "begitu"

      Pengen belajar. Tp udah terlanjur ilfil sama produk adobe. Jadi gimana yaa..

      Hapus
    4. Kalok bikin yang kebal, laptop ku kenak dongs, Bang. Bahahah.. :D *ogah rugi*
      Yap biasanya jugak ngirim ke situ. Kepencet dengs :P

      Lha.. Kenapa ilfeel? Padahal seru looooh

      Hapus
    5. Nyiahaha.. iya juga yah :D
      Apanya yang kepencet tuh?

      Gimana yaa.. udah kebiasaan pake corel sih. Ibarat orang yang biasa pake Honda (honda yang honda beneran ya beb), trus tiba-tiba pake Yamaha, kan kagok juga

      Hapus
    6. Ngirim virusnya. Wkwkwk.. :D

      Buahahah.. Oh gituuuu :P
      Aku jugak naik Honda, tapi bisa tuh naik Yamaha bahkan Ninja! *dibahas*

      Hapus
  6. sy belajar kompi pas kelas 1SMP di sekolah :D itupun cuma bisa ngetik, gambar2 ga jelas ntah pake aplikasi apa lupa..he. n main game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama atuh mbak.. hoho.. suka gambar juga toh? Kyknya sih pake paint juga tuh :D

      Hapus
  7. Ngetik pembukaan UUD 45. Itu nguras emosi dan mengeluarkan segala skill basic. Hahaha paling pertama kali pakek komputer waktu SMP, di ruang TU sekolah. Gerakin mouse aja heboh, haha cuma nulis nama di word

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuidih.. disuruh siapa tuh mbak ngetik UUD?

      Biasanya emang kalo pertama kali pegang komputer, pegang mouse jadi yg paling ditakutin ya mbak.. :D

      Hapus
  8. hahahha aku dulu OS nya win 3.1 sempat ngalami..disket yang gede juga sempat (kelihatan deh tua nya :)) ) saat itu masih SMP...semangat belajar komputer gara2 lihat temen ngetiknya cepet banget..sedangkan aku ngetik bisa mikir lama dan itu pake 1 jari pula...hahaha..untuk ukuranku yang dari SD kampung ke SMP boleh diblang tergolong lebih maju, tentu aku jadi kayak orang norak lihat komputer hahahaha..pertama kali megang komputer ya jaman SMP itu..tp disekolah dipelajarinya itu DOS awal2nya...

    wah jadi mengenang nih postingannya hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaa.. mas Danni tua banget yaa..
      *hehehe

      Aku nggak sempet pake disket loh mas. Pernah beli, waktu itu buat copy game dari komputer kantor Diknas tempat bapaknya temen kerja (*ribet yeh). Tapi nggak ngerti caranya. Nggak jadi dipake deh

      Hapus
    2. sebenarnya era-ku itu disket kecil, nah tapi masih ada juga yang pake disket besar..nah di sekolah ada beberapa pake disket besar sebagai pengenalan..tp lebih banyak sih pake disket kecil...usb dulu ga ada :)), CD ROM aja dulu kecepatannya berapa ya..pokoknya klo dibandingkan sekarang ga ada apa2nya, tp dijaman itu udah ganteng banget deh kecepatannya hahha

      Hapus
    3. Hihi.. dulu mah orang yang nenteng disket udah keliatan keren banget ya mas. Apalagi waktu baru-barunya muncul flashdisk. Banyak yg pada gaya-gayaan ngalungin flashdisk 512 MB. Itu aja pada bangga-bangga banget

      Hapus
  9. saya aja baru punya laptop pas baru kuliah...wkakakakaka
    ||\(.___.) dan udah 2 laptop y dirusakin selama kuliah ini...
    kalo komputer ...pertama kali belajar ya pas SMP juga,, soalnya ada pelajaran TIK dulu.. (-__-") tapi ya ampun zaman dulu aja saya masih bingung bingung cantik lah pake komputer...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuh.. itu diapain aja keii ampe 2 leptop jadi korban? Aku belum ngorbanin satupun nih. Leptop pertama masih idup aja tuh sampe sekarang. Cuma udah diwarisin aja ke adik :D

      Aku dulu SMP belum ada TIK. Baru dapet di SMA

      Hapus
  10. Aku baru sadar tentang keabsurd-an Ms Paint ini, haha...

    Aku lupa kapan pertama kali mengenal komputer. Yg jelas aku baru mengenal internet tahun 2005, pas semester pertama kuliah. Padahal teman-teman lain udah kenal internet sejak zaman SMA :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. selama ini pake-pake aja ya mas.. ^_^

      Sama banget mas. Aku juga pertama kali jadi warga dunia maya ya semester pertama kuliah. Diajakin temen

      Hapus
  11. Saya belum punya komputer. saya seringnya ke warnet. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. nggak punya komputer tapi artikelnya udah keren-keren begitu si mas ini..

      Hapus
  12. Kapasitas RAM nya itu bikin geleng-geleng kepala. Apa jadinya kalo RAM segitu aja sampai sekarang alias nggak berkembang. ckckckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah.. henpon jaman sekarang aja udah nggak pada pake yang size segitu bro

      Hapus
  13. nggak punya,,dulu aku mesti ngerental mas,,,,baru minta laptop merk Ac*r ke ibu setelah merengek rengek,,,ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih emang banyak banget jasa rental komputer ya mbak. Sekarang udah dikit. Lah wong harga leptop makin hari makin murah aja. Orang-orang jadi banyak yang beli leptop sendiri

      Hapus
  14. banyak kenangan tak terlupakan ya dgn kompi pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, banyak banget. Mbak Ely gimana ceritanya sama komputer pertama?

      Hapus
  15. jari barang bersejarah itu komputer kayanya

    BalasHapus
  16. Wahahaha.. aku senyum-senyum sendiri baca postinganmu Arif. Jadi inget pas pertama kali lihat USB flashdisk, SMA kayaknya. Ntah kelas 2 ato 3 gitu. Disuruh ambil file sama temen didalam fd itu. Kayaknya hampir setengah jam muter-muter cari lubang untuk colokin itu dimana. Waktu itu CPU belum musim yang ada tempat colokan di depan. Adanya di belakang dan artinya harus nunggung-nungging di bawah meja. Dudududuuuu...

    BalasHapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims