Jumat, 01 Agustus 2014

Manfaatkan Fitur Unfriend Yuuk

Itu judulnya retoris banget yah. Hihihi..
Biarin, emang maksudnya untuk menghimbau kok :D

Aku, termasuk orang yang masih setia memanfaatkan media sosial. Facebook, twitter, instagram, dan Google+. Satu alasan kenapa aku masih aktif di medsos adalah karena ada banyak sumber informasi yang masih aku butuhkan di medsos. Biasanya memang informasi-informasi akademis sengaja di-post di medsos, oleh beberapa pihak terkait. Di medsos, informasi-informasi itu disampaikan dengan lebih up-to date daripada di website resminya. Ya, aku masih butuh informasi-informasi itu. Maklum, masih mahasiswa :D

Karena terlibat di medsos, interaksi-interaksi dengan sesama pengguna medsos, pastinya aku alami. Interaksi dengan berbagi status atau tweet, berbagi media (foto, video, tautan, dsb), saling berbalas komentar, atau hanya sekedar menjadi silent reader di timeline. Dan nggak jarang, ada aja interaksi yang akhirnya membuat aku sendiri nggak enak hati, kesel, dan segala perasaan kurang enak lainnya. Biasanya karena tindakan dan sikap "teman" di medsos yang agak diluar ekspektasi.

Biasanya kalo udah begitu, satu hal yang aku lakukan adalah "memutuskan pertemanan", atau di medsos dikenal dengan unfriend, unfollow, remove friend, dsb. Aku jahat yah? Nggak kok, aku nggak jahat. Toh "memutuskan pertemanan" di medsos bukan berarti memutuskan pertemanan di dunia nyata kan? Karena kadang karakter seseorang di medsos, nggak sama dengan karakternya di duna nyata. Dan menurut aku fitur seperti unfriend itu dibuat untuk dimanfaatkan. Betul nggak?

Daripada aku tersiksa batin kan ya? Trus bakal memancing konflik. Ya mending kita udahan ajah..

Lagipula, itu hak kita kok. Kan nggak ada paksaan untuk berteman, di medsos pula. Dan faktor lainnya, medsos sekarang kan nggak sekaku dulu. Sekarang kalo misal kita unfriend seseorang, orang itu masih bisa ngeliat feed atau tweet kita. Bahkan dia nggak tau kalo dia udah kita unfriend. Dia mau interaksi sama kita juga masih bisa kok. Jadi sebenernya nggak putus-putus amat kok. Kan bukan di-block.

Nah, beberapa tipe "teman" di medsos yang biasanya aku unfriend adalah:

Ekstrimis
Apa itu ekstrimis? Yang aku maksud dengan ekstrimis adalah orang yang dengan sangat kekeuh mempertahankan ideologi dan pendapatnya, dan dengan sengaja menunjukkannya di medsos. Tipe kyk gini biasanya sulit menerima pendapat orang lain, nggak peduli dia benar atau salah. Misalnya para pendukung kelompok politik tertentu, dengan style garis keras. Kan akunya jadi atut
Kaum 4L4y3rZ
Kalo tipe yang satu ini mah biasanya sejak dia request untuk berteman, udah aku tolak. Hihi. Aku kejam. Dari username aja udah ketauan 4l4y-nya. Kalo nama udah 4l4y, apa yang bakal di-post juga pasti 4l4y semua. Bukan apa-apa, 4qUWh cum4h 4ToEth q3tUl4L4nd 4djj4h.
Tukang Gelar Lapak
Maap yah temen-temen yang suka gelar lapak di medsos. Bukan apa-apa, aku cuma takut ntar pengen. Aku miskin harta soalnyah. Mending kamu bikin page sendiri aja, daripada nyebar iklan di timeline orang. Selain jadi nggak ngganggu dan ngotorin timeline, mudah-mudahan toko kamu bisa jadi lebih berkelas loh.

Alien
Makhluk luar angkasa ini jelas bakal aku unfriend donk. Takut diculik. Hihi.. Nggak lah, yang aku maksud alien adalah orang asing yang nggak dikenal, tapi tau-tau ada di timeline. Kalo ada yang begini, aku biasanya jadi kepo, pengen tau siapa sebenarnya dia. Kalo nggak jelas asal usulnya, aku unfriend deh. Haha

Galauers
Ini nggak jauh beda sama Kaum 4L4y3rZ. Bedanya yang ini suka terlalu sering post segala sesuatu yang sebenarnya nggak perlu dilempar ke publik. Semuanya lebih bersifat pribadi. Kalo ada yang begini, mohon maaf yah aku unfriend dulu, kalo udah berhasil move on, bilang ke aku lagi deh.

SelfieHolic
Mirip dengan Kaum 4L4y3rZ. Hampir tiap menit ganti foto profil. Dan biasanya ini cewek. Kalo begini, aku unfriend yah. Bukan apa-apa, aku cuma takut khilaf, gara-gara ngeliatin timeline penuh dengan foto-foto perempuan dan laki-laki muda berpose begitu.

Pengumpat
Udah jelas donk ya gimana karakternya. Ini agak mirip dengan ekstrimis. Bedanya yang ini lebih karena emosi, bukan ideologi. Segala sesuatu diumpat, bahkan nggak jarang yang diumpat juga baca apa yang dia post. Hmmm..
Nah buat temen-temen yang mungkin punya sifat yang sama kyk aku, suka milih-milih temen di medsos, monggo diikutin juga. Hihi..
Kalo emang ada yang kurang berkenan, silakan di-unfriend aja. Sekali lagi, kita berhak untuk itu. Dan memutuskan pertemanan di medsos, bukan berarti memutuskan pertemanan di dunia nyata juga.

Buat temen-temen yang mungkin pernah aku unfriend, aku mohon maaf yah. Kita tetep temenan kok :-)

Buat kamu yang pengen ngecek siapa aja temen di facebook yang udah unfriend kamu, kamu bisa install extension ini di Google Chrome. Namanya Unfriend Notify for Facebook. Ntar disana ada petunjuk pemakaiannya.

Kamu? Belum pernah aku unfriend kan?

Update!
Karena penasaran oleh beberapa komentar (terutama dari Mas Danni dan Bang Sandy), aku akhirnya coba-coba skenario unfriend ini di Facebook. Dengan akun dummy, aku coba unfriend akun aku sendiri. Coba update status untuk akun dummy dengan metode post to public, dan ternyata di timeline akun aku sendiri status itu nggak muncul. Aku cuma bisa baca status akun dummy itu dengan membuka laman profilnya. Dan lagi, aku cuma bisa share/membagikan kiriman-kiriman disana, nggak bisa komentar, dan nggak bisa like.

Itu artinya, walaupun kiriman sudah kita set post to public, kiriman tidak akan terlihat oleh mereka yang sudah kita unfriend. Dan Hapus Pertemanan atau Unfriend adalah hard method. Kalo mau yang soft method, dalam arti si A yang kita unfriend masih bisa baca kiriman kita di timeline juga share, comment, dan like, cukup kita unfollow. Persis seperti yang dibilang Mas Danni dan Bang Sandy.

Makasih ya buat Mas Danni dan Bang Sandy buat pencerahannya ^_^

avatar icon dari iconfinder.com

Ada yang lebih seru loh!

Manfaatkan Fitur Unfriend Yuuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

44 Comments

Jum Agu 01, 04:36:00 AM delete

akoh....akoh.... tipe yg manah? pasti tipe orang kece :p *yg penting PD*

Reply
avatar
Anonim
Jum Agu 01, 10:02:00 AM delete

dulu kayanya sempet ad fitur unsubscribe di fb. tp skrg gak lihat lagi. jd ya unfriend aja kalo ngerasa keganggu dg tingkahnya di sosmed. ;p

Reply
avatar
Jum Agu 01, 11:27:00 AM delete

Hahah.. Makanya aku ngga punya medsos.. Eh ada denk fb, dipake buat main game.. :P

Reply
avatar
Jum Agu 01, 07:38:00 PM delete

di fb juga aku suka unfriend gitu atau remove pertemanan. biasa aku lakukan unfriend kalo udah ngerasa ga nyaman aja sama teman socmed

Reply
avatar
Jum Agu 01, 09:06:00 PM delete

Saya sih tidak unfriend tapi cukup tidak follow saja (jadinya timeline nya dia ndak akan muncul, ini kalo di FB. Di twitter juga bisa mute.). Satu orang di akun socmed, bisa jadi aset yang tak ternilai. Misal, satu like dari teman tadi bisa menyebarkan informasi ke teman-teman dia.

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:06:00 AM delete

ihh.. PD sekali ya kak :D

Iya lah, kyk kak emon mah nggak akan aku unfriend ^_^

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:07:00 AM delete

Iya, kalo nggak salah emang begitu ya qied

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:08:00 AM delete

Zzzzz... aku juga suka kesel tuh beb sama temen-temen gamers pesbuk yang suka kirim invitation

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:08:00 AM delete

Sepakat sama yang mana nih mbak? :D

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:09:00 AM delete

Setujuuuu!! :D
Daripada ada yang ngeganjel di hati, ya nggak?

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:11:00 AM delete

Nah, ini seperti yang aku dan aqied bilang di atas, bang. Pesbuk sekarang nggak sekaku dulu. Kalopun kita unfriend seseorang, dia masih tetap bisa lihat kiriman kita kok. Memang dari sisi viral, seorang "teman" di medsos (terutama facebook) sangat bernilai. Tapi karena sistem facebook yang nggak sekaku dulu, mereka masih bisa baca kiriman kita, like, dan bahkan share.
CMIIW

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:25:00 AM delete

Saya juga tidak segan-segan untuk unfriend. Dan biasanya yang saya unfriend juga itu orang yang jarang berkomunikasi dengan saya di media sosial. What's the point of having friend in social media if you cannot befriend with him/her? Saling follow di Twitter, di G+, atau temenan di pesbuk, terus gak pernah ngobrol, ya buat apa toh? :P

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:32:00 AM delete

Nah. Aku juga begitu, mbak Ranger. Makanya aku bikin aturan, yang mau add, setidaknya harus punya minimal 3 mutual friends dengan aku. Bahkan kalo identitasnya nggak jelas, biasanya aku tolak.
Tapi memang (sorry to say) "teman" di medsos bisa jadi aset, dari sisi viral. Terutama untuk blogger seperti kita. Makanya aku milih-milih juga kalo mau unfriend :-)

Reply
avatar
Sab Agu 02, 09:50:00 AM delete

klo saya sih rif, pake unfollow di facebook. Dan itu udah beberapa orang saya unfollow, terutama sejak pilpres kemarin. Daripada malas lihat yang aneh-aneh, mending unfollow, tapi tetap friend di fb nya..ada juga yang saya block sekalian, tapi itu biasanya kenal di sosmed juga, dan itu kalau udah termasuk parah banget, ga ada kata lain mending di block sekalian.

Reply
avatar
Sab Agu 02, 10:24:00 AM delete

Bukannya dengan unfriend juga mereka masih bisa lihat post kita ya mas?
Aduh kok aku jadi nggak paham ya..

Reply
avatar
Sab Agu 02, 10:43:00 AM delete

yaps betul. apalagi yang suka spam.

Reply
avatar
Sab Agu 02, 10:47:00 AM delete

ya kalau merasa nggak sreg lagi ya diunfriend, FB nggak punya lagi sih aku, adanya Twitter ama jiples

Reply
avatar
Sab Agu 02, 10:55:00 AM delete

Haha.. yap yap.. itu kyknya harus ditambahkan ke list di tulisan ini ^_^

Reply
avatar
Sab Agu 02, 11:22:00 AM delete

hahah.. tapi gaada spamer fb kayanya bakalan sepi -.- wkwk

Reply
avatar
Sab Agu 02, 11:33:00 AM delete

Jadi, kesannya yang ngisi timeline cuma para spammers, gitu kali ya? Hihi :D

Reply
avatar
Sab Agu 02, 11:58:00 AM delete

Aku ngeadd yang ngerequest add me di grup game ajah.. :P

Reply
avatar
Sab Agu 02, 06:13:00 PM delete

hahah yah ga gitu juga sih -,- :D

Reply
avatar
Sab Agu 02, 07:39:00 PM delete

klo di unfriend setahu ku ga bisa lihat post, kecuali postingan kita itu public sih setahu ku..tp klo di unfollow, kita tetap bisa lihat isi postingannya klo kita kunjungi profile nya, tapi diberanda kita ga kelihatan updatean statusnya..

Reply
avatar
Min Agu 03, 04:35:00 AM delete

Kalo kita unfriend, dia kayaknya cuman bisa ngeliat status kita yang publik saja. Jadi kayak twitter gitu kan ya.

Reply
avatar
Min Agu 03, 09:20:00 AM delete

Hadoh.. berarti pada satu spesies semua kalo gitu mah

Reply
avatar
Min Agu 03, 09:21:00 AM delete

Kalo di twitter lebih simple ya mbak. Kalo nggak sreg, ya unfollow aja. Nggak ada istilah lain.
Jiples yang aku masih agak bingung

Reply
avatar
Min Agu 03, 09:22:00 AM delete

Nah barusan aku coba skenario-nya bang. Tuh udah aku update di atas

Reply
avatar
Min Agu 03, 09:22:00 AM delete

Karena penasaran, tadi aku coba beneran tuh mas. Laporannya aku tulis tambahan di bawah post ini :D

Reply
avatar
Min Agu 03, 09:44:00 AM delete

Ngahahah.. Iya dongs.. :D
Ngga ngeganggu kan? :P

Reply
avatar
Min Agu 03, 10:22:00 AM delete

Nggak lah. Aku kan belum pernah diinvite maen game same beby

Reply
avatar
Min Agu 03, 11:04:00 AM delete

Oooo.. Jadi mau diinvite nih ceritanya? :D

Reply
avatar
Min Agu 03, 11:07:00 AM delete

wajahahhahahah sama kyk aku orangnya, klo pensaran langsung uji coba pake akun dummy otak atik sendiri... :))

Reply
avatar
Min Agu 03, 12:00:00 PM delete

Hihihi.. makasih loh udah dikasih pencerahan :D

Reply
avatar
Sen Agu 04, 09:01:00 PM delete

Jiples juga gampang khán ya? Cuma lemot booo

Reply
avatar
Sel Agu 05, 08:39:00 AM delete

Ogah ah.. Nantik ditolak.. -_-

Reply
avatar
Sel Agu 05, 08:40:00 AM delete

hahaha.. kan kategori gamers belum aku masukin black list :D

Reply
avatar
Sel Agu 05, 08:41:00 AM delete

Aku masih jarang ngeksis di jiples sih mbak. Si +Beby tuh yang sering

Reply
avatar
Rab Agu 06, 10:19:00 AM delete

Setidaknya sebelum Beby yang nge-add :D

Reply
avatar
Kam Agu 07, 02:23:00 PM delete

Kalo ane pernah kejadian di bulan puasa. Dia muncul terus di FB ane. Ngajak tebak-tebakan bola trus dia sisipkan foto cewe seksi. Ane uda ksh peringatan, dia masih ulangi. Akhirnya Ane blokir. ABISS PERKARA!!!

xixixi....

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims