Punya Banyak Ide Tulisan? Buat Scheduled Post Aja

Kamu blogger yang punya banyak ide tulisan? Nggak mau donk ide-ide itu hilang karena lupa? Pakai scheduled post aja.

Well ini memang bukan fitur baru. Beberapa platform blog gratisan (Blogger, Wordpress, dll) sudah lama menyediakan fitur ini. Dan kyknya nggak sedikit dari teman-teman blogger yang sudah biasa memanfaatkan fitur ini. Hmm.. Kalo begitu, post ini mungkin lebih pas ditujukan untuk teman-teman blogger yang kebetulan belum tau.

Jadi apa itu scheduled post?

Fitur scheduled post atau post terjadwal memungkinkan blogger untuk mempersiapkan tulisannya untuk kemudian diterbitkan pada waktu yang ditentukan. Waktunya bahkan sampai ke jam dan menit loh. Biasanya ini dipakai kalo kita mau tulisan kita terbit pada waktu yang diinginkan, misalnya hari ulang tahun, hari perayaan tertentu, lebaran, atau occasion lainnya. Jadi kita nggak perlu stand-by online cuma untuk menerbitkan tulisan yang sudah dibuat sebelumnya.

Emang sih, supaya kita nggak lupa sama ide-ide tadi, kita bisa aja ketik tulisan itu di Ms Word atau Notepad, lalu disimpan. Idenya emang nggak ilang. Tapi kita harus terbitkan lagi di hari H. Kan repot. Dan sebenarnya lagi, di Blogger juga ada fitur yang mirip, save as draft. Fitur ini memungkinkan kita menyimpan tulisan sementara sebagai draft. Tapi ya sama aja, tulisannya nggak otomatis terbit.

Aku juga biasa pake scheduled post. Seperti waktu mau mudik kemarin. Karena takut nanti di kampung sini nggak bisa akses internet untuk update blog, jadi sebelum mudik aku udah siapkan beberapa post untuk diterbitkan saat di kampung. Lumayan lah untuk menutupi kekosongan selama libur. Walaupun akhirnya alhamdulillah ternyata koneksi internet disini lancar jaya, jadi aku masih bisa update blog sekaligus blogwalking secara rutin.

Lalu gimana cara membuat scheduled post atau post terjadwal?

Blogger
Saat membuat post atau tulisan, di kolom sebelah kanan, di bawah tombol Publish, Save, Preview, dan Close, ada pengaturan untuk post atau Post settings. Pilih Schedule yang icon-nya jam, klik. Maka akan muncul 2 pilihan: Automatic dan Set date and time. Pilihan Automatic akan membuat post terbit secara langsung. Untuk mengatur agar post terbit pada waktu yang diinginkan, pilih pilihan kedua, Set date and time. Maka akan muncul pilihan waktu mulai dari tanggal, hingga jam dan menitnya. Silakan diatur. Setelah diatur, klik Done.


Wordpress
Sama seperti di Blogger, pengaturan untuk scheduled post di Wordpress juga ada di kolom pengaturan sebelah kanan saat membuat post. Ada pilihan Publish dengan icon kalender. Setelah diklik, akan muncul 2 pilihan: Immediately dan Scheduled. Pilihan Immediately akan membuat post terbit secara langsung. Untuk mengatur agar post terbit pada waktu yang diinginkan, pilih pilihan kedua, Scheduled. Silakan diatur tanggal dan jam terbitnya.


Untuk platform blog lainnya, silakan dicari sendiri. Rasa-rasanya ini udah jadi fitur standar untuk platform blog gratisan.

Gampang kan ya? Selanjutnya kalo emang terpaksa waktu terbitnya harus diganti, kamu masih bisa ganti kok. Bahkan kalo post-nya udah terbit pun masih bisa kita ganti tanggal terbitnya.

Hihi.. Ini baru kejadian kemarin. Post tentang viral marketing (Viral Marketing: Haruskah Membodohi?), itu sebenernya post yang aku tulis sebelum mudik kemarin. Rencana mau diterbitkan saat puasa, sebelum lebaran, dan sudah aku set jadi scheduled post. Tapi karena pertimbangan koneksi udah oke dan banyak ide tulisan lain yang lebih pas terbit saat puasa, jadinya tulisan itu beberapa kali aku tunda terbitnya. Sampai terakhir kemaren diset terbit hari Selasa tanggal 5 Agustus. Tapi ternyata hari Senin 4 Agustus, aku buat tulisan lain (Buah Masa Kecil itu Bernama Ciplukan) untuk terbit di hari yang sama dengan tulisan tentang viral itu.

Jadilah 2 post terbit di hari yang sama tapi beda jam. Aku juga lupa ngatur jam terbit untuk tulisan viral marketing.

Buat temen-temen yang biasa kunjung kesini, mungkin ada yang ngerasa janggal, nggak biasanya aku buat lebih dari 1 post dalam 1 hari. Kerasukan roh siapa si Arif bisa jadi rajin begitu? Hihi.. Ya, itu kecelakaan.

Makanya, demi menyesuaikan dengan jadwal terbit blog ini yang 2 hari sekali, aku ganti tanggal terbit post tentang viral menjadi hari Kamis 7 Agustus. Makanya kamu bakal heran kalo liat tanggal terbit post itu 7 Agustus, tapi komentar pertama dari mbak Ely tanggalnya 5 Agustus. Hihi.. Aneh, tapi mungkin, dan emang udah kejadian.

So, buat kamu yang punya banyak ide tulisan tapi nggak punya banyak waktu setiap harinya, bikin scheduled post ajah :D

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Sayangnya kalau lewat aplikasi blogger blm ada pilihan itu (nasib kalau post nggak dari komputer hahaha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang pake apps apa mbak? Beuh aku mah males banget ngepost lewat gadget begitu. Ngetiknyo rempong, bikin jempol kriwil

      Hapus
  2. Aku pernah cobak pakek waktu aku Tongging kemarenan itu, Bang.. Hihihi.. :P
    Emang jadi efisien sih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul beb. Daripada tersiksa karena harus stand-by online untuk posting, atau merelakan blog nggak terupdate sekian lama. Asalkan tulisannya nggak basi-basi banget kan ya

      Hapus
    2. Tulisan ku rata-rata basi loh, Bang.. Tentang masa lalu kebanyakan ya kan :P

      Hapus
  3. Saya juga kadang pake scheduled post. Tapi malah ndak sabar dan akhirnya langsung publish :) Gimana ya caranya biar ndak langsung publish dan sabar menunggu? Kayaknya faktor manusia nya ini yang sulit dikontrol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. aku juga sering begitu mas. Rasanya nggak sabar nunggu publish-nya

      Hapus
    2. Ternyata masalah kita sama :D

      Hapus
    3. Iya mas. Suka gregetan :D

      Hapus
  4. Saya jarang kedatangan ide menumpuk. Jadi, gak pernah pake fitur scheduled post. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. suka yang dadakan ya mbak Ranger? :D

      Sebenrnya bukan cuma kalo banyak ide aja sih mbak. Kyk aku emang banyak ide? Nggak juga.. hehe..
      Lebih ke persiapan kalo akan datang masa-masa nggak bisa update blog. Supaya blog tetap jalan, aku biasa pake ini :)

      Hapus
  5. aku jarang pake sih. tapi kalo draft iya cuma gak banyak juga. lagian isi postingku kebanyakan kan suka suka ajaa. pas kejadian n gak males ngetik ya posting.
    tp kalo ngganti hari post kaya yg punya mas arif viral itu, aku pernah. malah ganti bulan. hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak bisa dadakan kyk gitu qied. Musti dikonsep dulu. Kalopun ada post yang dadakan, itu karena emang jiwaku lagi fresh. Hihi :D

      Hapus
  6. Aku sering jadwal post kalau lagi liburan ke luar daerah, beberpa minggu terakhir lagi belajar konsisten 1 - 4 postingan sehari, entah bisa tahan berapa lama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. sekarang blognya mbak Ely post-nya rame banget ya..

      Hapus
  7. pernah pake postingan terjadwal kyk gini...kadang sampe lupa, pas posting hari ini, ternyata ada postingan terjadwal dihari sebelumnya, yang diterbitkan hari ini..jadinya dobel juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. kejadian yang sama kalo gitu ya mas :D

      Hapus
  8. ahaaa,,boleh di coba nih mas,,,asik nih,,, :)

    BalasHapus
  9. Kalo lagi rajin nulis, pasti aku pake schedule untuk post. Biar semua dapat jatah kebaca oleh pengunjung. Kalo post secara langsung bersamaan pasti salah satu nya ada yg ngak dibuka hahaha #ngarepTrafik

    BalasHapus
  10. Kalau lg banyak ide emang ini yang saya lakukan. Apalagi saya OL masih di warnet

    BalasHapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims