Kamis, 21 Agustus 2014

Putri Malu: Si Pemalu yang Banyak Khasiat

Siapa yang nggak kenal putri malu. Dulu waktu kecil, aku paling suka 'godain' si putri yang memang pemalu ini. Cuma ditiup aja udah malu-malu.


Tapi kadang di putri malu ini bikin kesel juga. Gimana nggak kesel, lah dia menclok-nya di tengah lapangan bola. Gara-gara duri-duri si putri, para cowok yang main bolanya bertelanjang kaki kan jadi ogah-ogahan mainnya. Hihi.. Itu sisa-sisa cerita masa kecil dulu..

Tapi walaupun pemalu, si putri banyak juga manfaatnya loh. Apa aja manfaatnya?

Pemalu bukan cuma di Indonesia

Putri malu (Mimosa pudica) termasuk perdu pendek anggota suku polong-polongan. Yang jadi ciri khas putri malu adalah kebiasaan daunnya yang langsung mengatup setelah disentuh. Sebenernya tumbuhan polong-polongan lain juga bakal mengatup daunnya, tapi kyknya si putri malu ini adalah yang paling pemalu.

Di seluruh dunia, dalam berbagai bahasa, namanya seragam arti. Orang Filipina menyebutnya makahiya (malu), orang Inggris menyebutnya shame plant, dan orang Tionghoa menyebutnya Han xiu cao (rumput pemalu). Bahkan nama latinnya sendiri, pudica - artinya memang malu atau menciut. Hmm.. ternyata bukan cuma di Indonesia aja dia pemalu.

Kenapa si putri kok malu-malu?

Konon katanya, menurut penelitian, putri malu mengatupkan daunnya sebagai bentuk perlindungan diri dari serangan hewan herbivora. Mungkin karena respon gerak yang cepat, hewan-hewan takut juga mau makannya. Atau hewan-hewan itu juga bisa hilang selera makannya setelah lihat perubahan warna daun, yang tadinya hijau trus berubah jadi merah. Hmm.. hebat juga kalo gitu si putri ini ya..

Di ilmu biologi, gerakan putri malu ini dikenal sebagai gerak nasti, atau gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak bergantung pada arah rangsangan. Lebih tepat lagi, gerakan si putri ini dikategorikan sebagai gerak tigmonasti, atau gerak yang disebabkan oleh rangsangan berupa sentuhan atau getaran.Tapi selain karena getaran, daun putri malu juga ternyata bereaksi terhadap perubahan cahaya dan suhu loh. Makanya saat sore hari, si putri akan tidur dengan mengatupkan daun-daunnya. Begitu matahari terbit, daun-daun itu akan mekar kembali.

Bunga, bagian tercantik dari putri malu

Kamu yang insomnia, bisa jadi Putri Tidur gara-gara si putri malu

Kamu sering sulit tidur? Atau ngaku-ngaku insomnia? Berminat jadi Putri tidur? Yuk deketin si putri malu. Ambil lalu rebus 30-60 gram daun putri malu, trus minum airnya. Insyaallah kamu jadi gampang bobo-nya, jadi Putri Tidur deh. Tapi jangan harap bakal ada pangeran tampan yang kasih kecup manja yah. Hihi..

Selain menjadi obat insomnia, dengan kandungan tanin, mimosin, dan asam pipekolinat, putri malu juga punya khasiat mengobati penyakit-penyakit lainnya. Misalnya:


  1. Hepatitis
    Konon katanya, rebusan putri malu bisa membantu mencegah dan mengobati hepatitis. Caranya, rebus 10 gram putri malu dengan 200 cc air sampai mendidih. Air rebusan diminum rutin deh.



  2. Bronchitis Kronis
    Ada keluarga yang menderita bronchitis? Coba rebus 60 gram akar putri malu dengan 600 cc air. Rebusnya dengan api kecil aja ya, biarkan sampai air tersisia kira-kira sepertiganya (200 cc). Lalu airnya dibagi untuk 2 kali minum.



  3. Batuk Berdahak
    Menderita berhari-hari karena batuk berdahak? Rebus 10-15 gram akar putri malu. Minum deh airnya.


  4. Rheumatic
    Akar putri malu juga bisa menyembuhkan rheumatic. Caranya rendam 15 gram akar putri malu dalam 500 cc arak putih selama 2 minggu. Trus tempel rendaman akar itu pada bagian tubuh yang sakit.

Lumayan banyak juga kan khasiat si putri malu ini. Eh tapi buat kamu yang ibu hamil, tumbuhan ini berbahaya. Karena katanya bisa mengakibatkan kematian pada janin. Konsumsi akar putri malu juga harus diperhatikan, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.

Bi(a)sa dimasak juga!

Nyangka nggak sih kalo ternyata di putri malu ini juga bisa dimasak? Ini beneran. Di Hulu Sungai Selatan, satu daerah di Kalimantan Selatan, putri malu yang disana disebut supan-supan (malu-malu) ini justru dijadikan masakan.

Tapi katanya putri malu yang biasa dimasak disana beda dengan putri malu yang biasa tumbuh di semak-semak. Putri malu yang bisa dimasak adalah putri malu yang tumbuh di air. Dilihat dari daunnya, sekilas nggak ada beda dengan yang tumbuh di semak-semak. Bedanya ada di batangnya. Batang putri malu yang bisa dimakan ini beruas dan berongga-rongga. Bisa dibilang berongga mirip kangkung air. Dan lagi, nggak ada duri-duri kecil seperti yang ada di putri malu semak-semak.

Hmm.. Ada yang berminat masak putri malu? Yuk coba diintip tulisan salah satu rekan blogger kita di Kompasiana, mas Johan Arifin. Tulisannya disini: http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2014/08/12/sayur-daun-putri-malu-668252.html.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Putri_malu
http://id.wikipedia.org/wiki/Nasti
http://caraobat.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-khasiat-daun-putri-malu.html
Sumber foto: koleksi pribadi

Ada yang lebih seru loh!

Putri Malu: Si Pemalu yang Banyak Khasiat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

21 Comments

Kam Agu 21, 01:22:00 PM delete

putri malu itu mainanku waktu kecil dulu,,,soale ada di samping rumah,,banyak banget,,sampe spt hutan,,,batangnya berduri,,kadang aku terkena durinya pas iseng mau mematahkan salah satu batangnya,,,baru setelah SMA aku tau khasiatnya,,ternyata dia tanaman yg berguna,,yg tumbuh liar disamping rumah,,

Reply
avatar
Kam Agu 21, 02:24:00 PM delete

Lebat banget mbak sampe menghutan begitu..

Reply
avatar
Kam Agu 21, 02:33:00 PM delete

*ngunyahPutriMalu sambil ngomen

Reply
avatar
Kam Agu 21, 02:51:00 PM delete

Hah? Putri malu yang mana tuh yang dikunyah?

Reply
avatar
Kam Agu 21, 06:04:00 PM delete

masak bunga putri malu? baru denger aku

Reply
avatar
Kam Agu 21, 07:15:00 PM delete

Aku sukak Putri Malu ini, Bang.. Dulu pas masih kecil hobi ku tuh nyariin di ladang. Bahahah.. :D Sungguh masa kecil yang membahagiakan.. :D

Serius bisa jadi obat insom? Cateeeeet! :P
Makasih loh ya infonya ^^

Reply
avatar
Jum Agu 22, 08:40:00 AM delete

Rumput putri malu
memang malu-malu
Mirip seperti aku
malu tapi mau belajar ilmu


Ternyata bisa jadi jamu
si putri malu

Reply
avatar
Jum Agu 22, 08:46:00 AM delete

Zzzz... Jakarta kyknya beneran udah jadi hutan beton nih ya. Sampe putri malu pun nggak mau tumbuh. Kasian anak Jakarta..

Reply
avatar
Jum Agu 22, 08:47:00 AM delete

Ihhiy.. Wah tulisan-tulisan aku lg banyak ngingetin masa kecil nih ya :D

Eh tapi itu aku belum nyobain loh beb. Jangan salahin kalo ntar salah dosis ya :D

Reply
avatar
Jum Agu 22, 08:47:00 AM delete

hihi.. iya mbak Anis. Betul.

Sering bikin jamu dari putri malu ya mbak?

Reply
avatar
Jum Agu 22, 09:08:00 AM delete

thnx banget nih tulisannya rif...nanti ta coba ah ngerasain khasiatnya....

Reply
avatar
Jum Agu 22, 09:11:00 AM delete

Wah.. iya sama-sama mas Danni :)

Reply
avatar
Anonim
Jum Agu 22, 09:17:00 AM delete

wah bsa nyembuhin insomnia *catat
bisa gemukin badan ga kak *eh
makasiih bngt ya infonya.. nambah pengetahuan :D
dulu mah kerjaannya jailin putri malu ternyata malah banyak manfaat y terpendam..kekekek

Reply
avatar
Jum Agu 22, 09:26:00 AM delete

Hmmm.. temen-temenku pada insomnia ternyata..
Dicoba bareng si beby tuh keii

Hoho.. kalo buat gemukin badan mah bukan sama putri malu :D
Ntar aku cari lagi deh kalo nemu tumbuhan aneh-aneh yang bisa gemukin badan

Reply
avatar
Jum Agu 22, 10:44:00 AM delete

Iyaaaah.. :D Rasanya seneng banget bisa mengenang masa kecil. Aku hampir lupa loh sebelumnya.

Yeeeee.. -_- Pegimane siiiik?

Reply
avatar
Jum Agu 22, 12:37:00 PM delete

ternyata khasiatnya ga malu-maluin ya,
junior saya sempat sangat penasaran sama si putri malu ini
http://ysalma.com/2011/06/11/putri-malu/

Reply
avatar
Jum Agu 22, 08:03:00 PM delete

untuk insomnia bisa juga ya..kebetulan saya agak sulit tidur belakangan ini......keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Reply
avatar
Jum Agu 22, 10:40:00 PM delete

dah lama ndak lihat putri malu

Reply
avatar
Sen Agu 25, 07:35:00 AM delete

Iya mbak. Namanya aja yang "malu" :D

Reply
avatar
Sen Agu 25, 08:01:00 AM delete

Iya mas. Katanya bisa untuk insomnia

Salam dari Bogor :)

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims