Senin, 11 Agustus 2014

Ternyata, Facebook Juga Punya Sistem Verifikasi loh!

Mungkin teman-teman sudah tau ada sistem verifikasi di Twitter. Sistem ini ibarat memastikan bahwa pemilik akun adalah sesuai dengan orangnya. Biasanya sih akun-akun yang verified adalah akun-akun selebritis dan tokoh-tokoh terkenal lainnya.

cover page Arsenal FC official Twitter account
Akun Twitter yang verified ditandai dengan badge warna biru dengan icon checklist.

Nah aku pikir belum banyak temen-temen yang tau (atau mungkin aku yang telat tau) kalo Facebook juga ternyata punya sistem verifikasi. Bukan cuma Twitter yang menerapkan sistem sejenis.

Aku juga baru tau kemarin. Awalnya dapet ide untuk buat tulisan tentang apakah Facebook harus membuat sistem verifikasi, akibat makin maraknya akun-akun palsu yang menyebarkan konten-konten negatif, termasuk konten-konten viral yang agak "membodohi" publik. Dan ternyata setelah aku search, ada satu halaman di Facebook yang berisi penjelasan resmi dari Facebook untuk halaman terverifikasi. Berikut isi lengkapnya, aku salin langsung dari laman itu.
Beberapa tokoh masyarakat dan Halaman populer yang mempunyai banyak pengikut diverifikasi oleh Facebook sebagai mempunyai identitas yang autentik. Anda akan melihat lencana biru  di sebelah nama profil atau Halaman yang telah diverifikasi. Profil dan Halaman ini mencakup:
  • Selebriti
  • Jurnalis
  • Pejabat pemerintah
  • Merek dan bisnis populer
Kami memverifikasi profil atau Halaman untuk membantu Anda merasa yakin bahwa mereka adalah memang orang yang mereka klaim. Harap diingat bahwa tidak semua profil dan Halaman autentik akan diverifikasi dan Anda tidak bisa meminta agar profil atau Halaman Anda diverifikasi. Anda dapat melaporkan akun palsu yang menyamar sebagai Anda, bisnis, atau merek Anda.
Jika profil atau Halaman Anda tidak diverifikasi, ada cara lain untuk membantu pengikut atau orang yang menyukai Halaman Anda mengetahui bahwa identitas Anda autentik. Misalnya, Anda dapat:
Menautkan profil atau Halaman Facebook Anda dengan situs web resmi Anda
Lengkapi bagian Tentang dari profil atau Halaman Anda untuk memberikan lebih banyak informasi
Nah kan. Kabar gembira untuk kita semua. Kini Facebook udah punya sistem verifikasi juga. Dan penandanya mirip dengan yang ada di Twitter, icon checklist di dalam lingkaran warna biru. Icon ini akan muncul di sebelah nama akun yang ada di laman profil akun pribadi atau page selebriti, jurnalis, pejabat pemerintah, merek dan bisnis populer.

Page resmi Arsenal juga sudah diverifikasi Facebook
Inget dengan tulisan aku tentang viral marketing kemarin, aku coba cari-cari akun yang biasa nyebar konten-konten begitu. Biasanya sih yang sering aku lihat, akun-akun yang mendompleng nama-nama ustadz tenar. Aku pilih salah satu ustadz tenar yang biasa dikenal dengan ustadz YM. Pengen tau, kira-kira akun-akun itu verified atau nggak. Dan hasilnya...

Aku dapat beberapa akun, dan salah satunya sudah verified.

Cover page ustadz YM yang verified (katanya official)
Itu adalah cover page ustadz YM yang verified. Terlihat rapi, dan berkonsep. Bandingkan dengan cover page dari salah satu akun dengan nama yang sama yang tidak terverifikasi berikut:

Cover page ustadz YM yang tidak verified
Cover page yang tidak verified ini kelihatan berantakan, dan tidak berkonsep. Bahkan kalo boleh bilang, foto-fotonya juga kelihatan asal comot.

Foto profil yang dipakai memang foto orang yang identik sama. Tapi siapa yang tau kalo salah satunya adalah akun (maaf) mungkin palsu. Dipikir yang bikin akun mungkin palsu, toh orang nggak peduli sama cover page, verified atau nggak, yang penting mah fotonya. Hihi..

Trus gimana dengan kiriman-kirimannya?

Aku baca sekilas, kiriman-kiriman dari Ust. YM yang verified, semuanya kiriman bermanfaat. Nggak ada satupun kiriman yang minta like, share, atau comment. Gimana dengan akun yang tidak verified? Nih aku kasih liat salah satu kiriman dari Ust YM yang belum verified.


Hmmm.. Gimana menurut kamu? Wajar sih Facebook nggak memferivikasi akun yang satu ini.

So buat temen-temen yang biasa bergerilya di Facebook, kalo ada konten-konten dari akun yang memakai nama-nama tenar, apapun yang dia katakan, apalagi kalo itu negatif, ada baiknya kamu cek dulu halaman profilnya. Cek apakah ada tanda checklist dalam lingkaran biru disamping namanya. Kalo ada, artinya itu akun verified, kamu boleh share konten-kontennya kalo memang itu baik.

Dan buat yang udah banyak ngelike page-page para pesohor, monggo dicek lagi. Apakah ada yang belum verified?

Eittss! Tapi akun atau page yang nggak verified bukan berarti itu akun palsu loh ya. Belum tentu. Karena Facebook memverfikasi akun tertentu, sesuai dengan kriteria mereka sendiri. Nggak ada satu pihak yang bisa meminta memohon mengharap menghiba pada Facebook supaya akunnya diverifikasi. Ada milyaran akun Facebook, dan bisa jadi ada akun resmi yang belum diverifikasi. Gampangnya sih, kalo ada akun yang pake nama pihak yang terkenal, liat aja kiriman-kiriman atau status-statusnya. Kalo kira-kira nyeleneh, hampir bisa dipastikan itu akun "palsu".

Ada yang lebih seru loh!

Ternyata, Facebook Juga Punya Sistem Verifikasi loh!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

27 Comments

Sen Agu 11, 08:58:00 AM delete

iyah,,,sebelumnya aku juga nggak percaya ama situsnya UYM tsb,,,soalnya UYM nggak mungkin spt itu,,,minta like dgn mudahnya,,,

Reply
avatar
Sen Agu 11, 11:13:00 AM delete

klo patokan asli atau ga nya dari verifikasi ini agak sulit sih rif..misalnya..seandainya si akun dari orang tenar ini belum sempat memverifikasi akunnya, otomatis dia belum tercek list..padahal dia asli..

Reply
avatar
Sen Agu 11, 11:16:00 AM delete

Nah itu dia yang aku bilang di bagian akhir itu mas. Verified belum tentu asli, nggak verified belum tentu palsu. Makanya paling gampang sih liat postingannya aja. Kira-kira nyeleneh, hampir bisa dipastikan itu akun palsu

Reply
avatar
Sen Agu 11, 11:32:00 AM delete

Blog ada ndak ya sistem verifikasinya :D ? Susah juga ya memverifikasi blog.

Reply
avatar
Sen Agu 11, 11:35:00 AM delete

Hmm.. boleh juga kalo Blogger mau bikin gitu mas. Kan banyak blog-blog gadung yang mendompleng nama-nama tenar, cuma untuk membuat sesuatu yang "boom"

Reply
avatar
Sen Agu 11, 12:54:00 PM delete

Aku mau hati ku yang diverifikasi.. *eh*

Reply
avatar
Sen Agu 11, 01:58:00 PM delete

Kayaknya Google Authorship adalah jawabannya. Atau bukan untuk itu ya...

Reply
avatar
Anonim
Sen Agu 11, 09:02:00 PM delete

isin ah. kalo googling namaku yg muncul pertama facebook

Reply
avatar
Sel Agu 12, 06:53:00 AM delete

iya setuju rif..lihat postingan-postingannya..klo aneh-aneh kemungkinan itu orang yang nyatut namanya...

Reply
avatar
Sel Agu 12, 10:09:00 AM delete

Tapi yg verifikasi juga banyak yg palsu lho mas, dan paling bete kalo di FB itu ngetag2 minta like atau amin kan sesuatu :-(

Reply
avatar
Sel Agu 12, 11:30:00 AM delete

Nah kan. Lebih gampang mencirikan dari postingannya ya mas

Reply
avatar
Sel Agu 12, 08:30:00 PM delete

Kelemahannya ada di sini:

"Menautkan profil atau Halaman Facebook Anda dengan situs web resmi Anda
Lengkapi bagian Tentang dari profil atau Halaman Anda untuk memberikan lebih banyak informasi"

Nanti web resminya yg PALSU, sekadar untuk mendukung Fanspage yang ada

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:14:00 AM delete

Hoho.. apa lagi itu? Aku malah baru denger loh mas :D

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:22:00 AM delete

Cciiiee.. minta verifikasi sama si abang donk. Biar SYAH :D

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:24:00 AM delete

Hahaha.. kenapa nggak muncul yang blogmu qied?

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:27:00 AM delete

Sama mbak. Aku juga baru tau setelah searching tuh. Selama ini nggak nyadar

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:32:00 AM delete

Nah artinya kita sebagai user yang harus pinter milih milah konten. Jangan gampang ketipu. Betul nggak om cumi?

Reply
avatar
Rab Agu 13, 10:34:00 AM delete

Artinya user butuh pengetahun tentang ciri-ciri website resmi. Rasanya lebih gampang mencirikan website daripada fanspage di Facebook

Reply
avatar
Sab Agu 16, 03:28:00 PM delete

Uda didelete sama si Abang. Ngahahah.. :D

Reply
avatar
Min Agu 17, 11:20:00 AM delete

Wuaa.. cari atuh di recycle bin. Siapa tau masih ada

Reply
avatar
Min Agu 17, 05:12:00 PM delete

Bahahah.. Ngga ah. Males nyarinya.. :P

Reply
avatar
Sen Agu 18, 10:39:00 AM delete

Haha.. ya kan siapa tau bisa di-restore

Reply
avatar
Sel Mar 31, 10:53:00 AM delete


sip ijin cba" dlu y gan...


Kunjungi juga berita megapolitan terkini
Infonitas.com

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims