Makan Malam Syahdu di Pondok Bambu Nuza, Kampus Dalam

Dulu, saat bosan dengan menu nasi goreng yang MSG-nya bejibun, atau pecel lele yang terlalu mainstream untuk kelas jajanan pinggir jalan favorit mahasiswa, yang biasanya khas dengan keriuhan pinggir jalan, klakson kendaraan, dan bunyi tek-tek spatula tukang nasi goreng, aku punya satu tempat makan malam yang suasana dan menunya beda 100%.


Yap. Namanya Pondok Bambu Nuza. Buat kamu yang pernah mampir ke kampus IPB Darmaga, lalu melipir pake angkot kadal (kampus dalam), atau bahkan tinggal disana, tempat makan yang satu ini mungkin udah nggak asing lagi.

Ada apa aja disana?

Menu anti mainstream

Ayam bakar, ayam goreng, lele bakar, lele goreng, mungkin menu yang biasa lah ya. Terlalu biasa untuk jajanan pengisi perut mahasiswa. Tapi di Pondok Bambu Nuza, menu-menu itu disajikan berbeda. Ada yang khas. 


Hihi. Perhatiin deh list menu diatas, ada beberapa menu yang namanya unik. Ada soto bazoka, nasi telor paket, nasi telor gledek, es teman, dan es jerman. 

Soto bazoka adalah sebutan untuk soto khas Sokaraja, karena yang punya emang orang Sokaraja, enak deh sotonya. Nasi telor paket, isinya nasi, telor goreng dadar, plus tahu+tempe goreng, mereka sepaket. Makanya disebut telor paket. Sedangkan telor gledek, hampir sama dengan telor paket. Bedanya minus tahu atau tempe, jadi bisa milih mau pake tahu atau tempe. Es teman dan es jerman, ini sebenernya menu biasa, ada dimana-mana. Yap, es teman adalah es teh manis, dan es jerman adalah es jeruk manis. Hihi.. Biasa aja kan? Tapi aku suka es teman-nya. Tehnya pake teh melati yang dahsyat banget. Cobain deh.

Dan semua menu makanan disana biasanya selalu ditemenin sama lalapan khas Jawa. Ada timun, daun kemangi, dan beberapa lembar daun kol/kubis. Dan itu semua seger banget. Tiap meja mereka kasih satu wadah yang isinya lalapan komplit itu. Bukan beberapa iris timun yang biasa tersaji di pondok pecel lele pinggir jalan. Hihi..

Menu favoritku

Dari semua menu itu, aku punya menu favorit. Mas-mas pelayannya sampe hapal sama aku. Tiap kali makan disana, aku nggak perlu sebutin pesanan. Mereka udah pada ngertiin aku. Haha..

Ini dia menu favoritku!


Nasi telor paket plus cah kangkung! Tradisional sekali yah. Hihi..

Aku suka cah kangkungnya. Inilah menu favorit kalo aku lagi butuh asupan nutrisi dari hijauan. Tau sendiri kalo jajanan pinggir jalan biasanya minim hijauan. Yang aku suka dari cah kangkung ini adalah campuran udang rebon yang gurih di dalamnya. Ada juga bawang merah dan bawang putih yang dicacah ukuran gede. Itu enak banget... Cobain deh.

Makan syahdu

Selain menu, satu hal lain yang aku suka adalah suasananya. Syahdu beneerr..

Kesan syahdu itu didapat dari suasananya yang sepi, jauh dari kemaraian pinggir jalan, para pengunjungnya yang biasanya nggak banyak bicara, dan suara musik dari radio yang menggema. Nah yang terakhir itu yang paling aku suka.


Kebayang donk syahdunya malam sunyi dengan alunan musik easy listening dan suara menawan ala penyiar radio. Aaahh.. hati adem, perutpun ayem. Mau pikiran juga tentrem? Biasanya ada koran lokal yang boleh dibaca para pengunjung. Baca-baca dalam suasana syahdu begitu, itu yang bikin aku betah lama-lama disana. 

Mau yang adem-adem lagi? Minumanya ada yang adem bro. Adem karena pake es? Bukan. Ademnya gara-gara wadahnya kendi tanah liat yang tradisional banget. Walaupun cuma air putih, itu segernya nggak ketulungan. Unik! Layak dicoba banget.


Lagi di Bogor? Mampir yuuk

Kamu lagi jalan-jalan di Bogor? Yuk mampir ke Pondok Bambu Nuza. Dari kota kamu tinggal naik angkot atau angkutan umum lainnya ke terminal Bubulak atau Laladon. Trus dari Bubulak/Laladon, kamu sambung angkot kampus dalam. Ntar turun aja sampe rute angkotnya abis. Biasanya abisnya di pangkalan angkot. Dari situ kamu tanya aja orang-orang sana, dimana pondok bambu Nuza. Orang-orang sana pasti tau.

Aku makan siang disana tiap hari Sabtu. Makan siang bareng yuuk..

Posting Komentar

35 Komentar

  1. trus kalo malam makannya dimana, mas?
    *komen OOT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiahaha.. dimana aja deh qied.. aku mah nggak punya ruang makan sendiri. Jadi bebas mau makan dimana aja :p

      Hapus
  2. Favorit aku telor paket..nggak pake tahu. Makannya lebih sering dibungkus. Belinya seringnya habis maghrib..layoutnya masih sama kayak gitu? Wahhh longlast ya..sedep soalnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiahaha.. eh ada anak Balio.. =D

      Iya mbak. Masih seperti dulu. Cuma panggangannya aja yang pindah, jadi nggak ada asap yang masuk ke tempat makan lagi (y)

      Hapus
  3. wah boleh nih dicoba kalo mampir ke bogor hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo mas dicoba.. :D

      eh btw, aku mau kunjung ke blognya mas Danni kok nggak bisa ya? Cuma kebuka landing-page depan aja. Lagi maintenis kah?

      Hapus
    2. bisa kok, blogku lagi main teka teki :D
      engga main tenis kok, main tenis cuma awal2 pertama pake blog itu aja..

      Hapus
    3. Hah? Kamsudnya gimana sih mas? Aku beneran nggak bisa buka loh :-/

      Hapus
  4. Kapan Sabtu ke mari ah,
    sapa tau bisa 'nangkap' bangkoor lagi makan siang sambil nunggu malam syahdu di sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiahaha.. aku ketangkep basah donk ntar.. =D

      Emang uni Salma rumahnya dimana?

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hihi.. iya mbak El.. Tapi mbak Ely mah bikin cah kangkung sendiri bisa banget kali ya.. :-D

      Hapus
  6. LAPAAAARRRR KAK...LAPAAAAR
    duh tanggung jawab ih :(
    wah kei ud bayangin es Jerman itu ntar warnanya kyk bendera jerman (?) ternyata es jeruk manis.. hihi
    kreatif y bikin nama menu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. ah itu kan makanan biasa buat mahasiswa keii.. :-D

      Hihi.. dulu awalnya juga aku mikir begitu. Ternyata setelah sampe ke meja yaa es jeruk biasa :-p

      Hapus
  7. aku mauuuuuu itu murah sekali dgn menu spt itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah namanya juga di habitat mahasiswa mbak. Kalo mahal mana laku lah.. :-p

      Hapus
    2. hahaha,,,iya ya..kan mahasiswa,,,,

      Hapus
    3. Ngerti donk mbak gimana dompetnya mahasiswa.. :-p

      Hapus
  8. Itu cewek yang ada di dalam foto siapa? Si Kakak? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuuunn.. Jadi ceritanya aku ketauan nih? Hohoho.. :D

      Hapus
    2. oh oh...ketahuannnn ..jeli banget si bebi hahahhaha...si bebi kemana2 jeli klo lihat orang berduaan hahaha

      sumpah baru ngeh nih krn komen ini..

      Hapus
    3. Hihihi.. Iya mas Dan. Beby jeli banget tuh :-D

      Hapus
    4. Bang Arif : Nah yaaaa.. Kamuuuu.. Ketauaaaan.. :D

      Bang Danni : Bruakakakakk.. Efek jomblo, Bang. Jadi selalu perhatiin sekitar :P

      Hapus
    5. Hadeuh..
      Tapi aku masih penasaran sama foto wisuda itu. Beneran kyknya nggak pernah pajang deh..

      Ciie yang jomblo. Harus buruan disembuhin tuh beb :-p

      Hapus
    6. Iiiih.. Pernah tauuuk.. -_-

      Enggak ah. Biar aja tetap begini.. Weeek! :P

      Hapus
    7. Soalnya nggak ada yang fotonya panjang dan pas buat dibikin banner.. Foto wisudanya sih emang ada

      Hayoh.. ntar nyesel loh :-p

      Hapus
    8. Tuh kaaaan.. Aku liat pas foto wisuda looooh..

      Ih amit-amit.. Tarik ucapan ah! Aku mau punya pacaaaaar..

      Hapus
    9. Tapi beneran nggak pernah pasang di banner.. suer deh

      hiahaha.. takut kualat nih yee =D

      Hapus
    10. Jadi aku liatnya nang ndi? :/

      Wkwkwk.. Iyaaaaa.. Atuuuuut..

      Hapus
  9. Wow ... kangen merasakan kesegaran minum "nyucup" langsung di mulut kendinya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhhh.. itu pasti beneran segernya ya mang.. T.O.P.B.G.T deh (y)

      Hapus
  10. sampe ada promosi pulak makan siang di hari sabtu. Hahaha..
    Eh, itu ada cewek berjilbab di foto siapa tuh Rif? Hayoo,. teman makan siang sabtu kemarin yak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iyah.. siapa tau ada yang mau mampir juga..
      Aku teratur banget yah, sampe kasih jadwal tiap Sabtu begitu.. :D

      Hoho.. ceritanya cuma Beby dan Mae aja nih yang ngeh.. Hadoh.. aku ketangkep basah deh

      Hapus
  11. Balasan
    1. Wuaa... kalo bener itu tahu bacem, kyknya bakal lebih ciamik deh mbak.. sayangnya bukan :D

      Hapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims