Sabtu, 06 September 2014

Tsamina mina eh eh

Kebiasaanku semenjak tinggal di kos-kosan, tanpa ada teman, adalah mendengar radio. Mengusir sepi di malam hari.


Dan kemarin malam, salah satu stasiun radio yang biasa aku dengar, memutar lagu yang pastinya dikenal telinga orang-orang sekolong jagat. Lagu dari Shakira, Waka-waka. Selalu setiap dengar lagu ini, aku seperti flashback ke pertengahan 2010.

Ya iya lah rif. Itu kan lagu piala dunia 2010. Pasti keinget piala dunia...

Bukan. Aku ingetnya bukan piala dunia...

Darmaga sepi

Pertengahan 2010, aku inget banget itu adalah libur panjang akhir tahun. Waktu itu aku masih semester 4. Saat mahasiswa lain menikmati libur panjang di kampung halaman, aku masih terdampar di tanah rantau. Iye, waktu itu aku lagi kerajinan. Nggak balik gegara aku ikut jadi panitia MPD (Masa Perkenalan Departemen), ospek tingkat jurusan di kampusku, yang memang memaksa panitia untuk stay nggak balik kampung. Sekalian nggak pulang, aku juga ikutan semester pendek, ngambil 6 sks, lumayan lah. 

Eitss. Semester pendek-nya bukan ngulang kuliah loh ya. Karena sistem kurikulum mayor minor di kampusku yang mengharuskan mahasiswa untuk ngambil mata kuliah pendukung dari jurusan lain, makanya aku ambil 2 mata kuliah dari jurusan lain. Waktu itu aku ambil Ekonomi Sumberdaya (3 sks) dan Ekonomi Pertanian (3 sks).

Rif, please deh. Nggak penting ceritain yang begituan...

Hihi.. iya deh maap..

Jadi ceritanya waktu itu Darmaga lagi sepi-sepinya. Mahasiswa pada pulkam, warteg pada tutup, Bara Street yang biasanya rame padat merayap jadi ekstra lengang. Kontakanku, yang biasanya diisi penuh oleh 7 orang, jadi tinggal 2 orang. Aku dan 1 temanku, Ali. Sepi banget.

Hampir jadi korban penipuan

Disaat suasana sepi itu, tiba-tiba temanku, Hafizh - datang ke kontrakan. Ada aku dan Ali disana. Dia nggak datang sendirian, ada 1 orang yang nggak kami kenal. Berperawakan gede, botak, tapi stylish. Kyknya dia orang ber-uang, karena datang pakai mobil mewah. Dan rupanya, orang tak dikenal itu satu daerah sama aku, Ali, dan Hafizh. Dia orang Palembang. Kamipun jadi akrab cepat. Katanya orang itu punya adik yang baru masuk kuliah dan lagi cari kontrakan. Kebetulan ada 1 kamar di kontrakanku yang kosong. Ya udah kami tawarkan aja kamar itu buat adiknya.

Tapi setelah itu aku ngerasa ada yang aneh sama orang itu. Ada apa?

Setelah dia datang malam itu, malam-malam berikutnya dia datang lagi. Kami nggak curiga, karena cuma ngobrol-ngobrol kyk biasa. Rasa curiga mulai muncul setelah dia makin sering dateng dan bawa macem-macem makanan. Baru juga kenal, dia udah begitu. Pasti ada apa-apanya... o.O

Bahkan dia juga pernah ngajak kami nemenin dia beli mobil. Entah mobil buat dia atau buat siapa. Janjinya, dia mau kasih kami uang (lumayan banyak) setelah nemenin. Sebegitunya ya. Mencurigakan.

Hari-hari berikutnya kami jadi tambah curiga. Tapi kami nggak nunjukin rasa curiga itu ke dia. Takutnya salah sangka. Semua pemberian dia kami terima.

Sampai akhirnya, suatu pagi, aku sendirian di kontrakan. Siap-siap mau berangkat kuliah. Tiba-tiba orang itu datang dengan mobilnya. Aku yang semakin curiga, jadi was-was juga. Pintu aku kunci rapat. Dia ketuk pintu dan ucapkan salam, nggak aku jawab. Sialnya, dia telepon aku. Berapa kali dia telepon, nggak aku angkat. Tapi akhirnya aku jawab, dengan bisik-bisik, pura-pura lagi kuliah, berharap dia segera pergi. Rupanya dia mau pinjam laptop. Dengan segala rasa curiga, aku buat alasan-alasan. Dari nada bicaranya, dia kecewa dan marah.

Aku cemas di dalam kamar. Maklum, aku nggak pinter ngomong, dan terlalu jujur. Paling takut ketipu omongan orang. Untunglah dia akhirnya pergi. Dengan ragu dan was-was, aku pergi kuliah, walau telat. Di kampus juga aku berusaha menghindari tempat umum, pulang pun aku lewat jalan tikus yang nggak banyak orang. Takut ketemu dia.

Dan ternyata, si Hafizh bilang dia beneran penipu, itu hari terakhir dia di Bogor. Sebelum melarikan diri entah kemana dan jadi buronan. Orang yang dia bilang adiknya, ternyata adalah mahasiswa yang sekampus dengan kami, orang lain yang dia manfaatkan. Dan dari 'adiknya' itu, dia berhasil dapat 1 mobil mewah, yang ternyata adalah mobil rental yang dia sewa atas nama 'adiknya'. Dan dampaknya, kabarnya si korban itu sampe harus putus kuliah, gegara harus ganti rugi mobil rental yang hilang itu. Waw!

Jadi, dia datang coba pinjam laptopku itu, adalah untuk cari tambahan hasil nipu? Aku gemetar. Aku sentuh laptopku, alhamdulillah kamu masih disini nak... :'(

Musim piala dunia

Waktu itu pas lagi musim piala dunia. Saat malam penipu itu datang pun kami sempat nonton satu pertandingan piala dunia. 

Hampir setiap saat, di TV ataupun di radio, lagu Shakira, Waka-waka, pasti diputer. 

Efeknya, sampai sekarang aku akan ingat kejadian itu kalo denger lagu Shakira, Waka-waka. Ngeri...

Tsamina mina eh eh..
Waka-waka eh eh..

Ada yang lebih seru loh!

Tsamina mina eh eh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

22 Comments

Sab Sep 06, 06:34:00 AM delete

Wueh.. Ngeri kali itu penipunya ya, Bang? Alhamdulillah masih dilindungi.. Lagian baru kenal kok uda berani ya pinjem laptop. Huh.. Ketauan akal bulusnya.. -_-

Reply
avatar
Sab Sep 06, 05:04:00 PM delete

Iya beb.. apalagi aku yang polos ini.. ngeri

Reply
avatar
Sab Sep 06, 08:52:00 PM delete

Hemmm lagu itu jg akrab banget sama aku. Jaman PL ya berarti. Oiya kasus ini pernah nimpa temenku. Tapi si temen ini yg jadi peran "adik" nya. Di kontrakanku dia berhasil nggondol laptop. Nah si temenku ini setelah kejadian ini jadi korban lagi. Dia kena hp nya.

Reply
avatar
Min Sep 07, 07:51:00 AM delete

waspadalah waspadalah ........ #nunjukvideonya ,,,,heheheh

Reply
avatar
Min Sep 07, 09:14:00 AM delete

Nyiahaha.. ada yang salah kah? :p

Reply
avatar
Min Sep 07, 09:15:00 AM delete

Iya mbak. Betul. Itu jaman PL

Wah.. jangan bilang itu yang aku ceritain temennya mbak juga? (o)

Reply
avatar
Min Sep 07, 09:15:00 AM delete

Hoho.. ada apa dengan video-nya mas? :-D

Reply
avatar
Min Sep 07, 10:00:00 AM delete

sadis banget ya nipunya..tp ya, memang kadang feeling kita itu kuat klo ada orang yang ga beres...sy juga kadang gitu, ada feeling ke orang rasa "ga enak" tp blum bisa buktikan...nah pas kebukti ada maksud "jelek" baru deh "tuh bener perasaanku..syukur..syukur dah lewat.."

btw keren logo barunya...itu background logonya (yg tulisan 5555,dlll) agak di transparan lagi rif :D...kyknya sih ya..biar lebih nonjol lagi logo intinya (sok tahu gini) :D hehe

Reply
avatar
Min Sep 07, 04:09:00 PM delete

Iya mas. Kerasa banget gelagatnya. Ternyata beneran..

Hoho.. itu tadi aku lagi coba-coba aja mas. Kyknya g bagus, aku balikin lagi deh :p

Reply
avatar
Sen Sep 08, 11:02:00 AM delete

Malah keasyikan nonton videonya. hihi

Reply
avatar
Sen Sep 08, 11:40:00 AM delete

tapi bagus menurutku sih rip...lebih fresh....

Reply
avatar
Sen Sep 08, 02:35:00 PM delete

Hihi.. iya mas. Makasih.. Nyenengin nih :-D
Ntar aku perganteng dulu

Reply
avatar
Sen Sep 08, 02:36:00 PM delete

Hoho.. suka liatin Shakira-nya ya mas? :-p

Reply
avatar
Sen Sep 08, 03:20:00 PM delete

hahahhaha...serius..ga nyenening tuh...oke ditunggu logo baru nya... hahhaa

Reply
avatar
Sel Sep 09, 09:59:00 AM delete

Hoho.. itu udah dipasang mas. Agak diubah dikit.. Coba-coba tampil dulu deh

Reply
avatar
Rab Sep 10, 10:54:00 AM delete

Alhamdulillah masih di lindungi,,,,hati2..mas,,banyak doa biar selamat

Reply
avatar
Jum Sep 12, 09:04:00 AM delete

Ihh whaowww... serem juga ya. Sekarang emang kudu ati-ati kalo ada orang baik, terlalu baik maksudnya. Bukan niat su'udzon sih, tapi buktinya banyak juga orang yang baik banget ternyata ada maunya. Dudududuuu..
Waka waka cukup bergema ya lagunya, ga kayak soundtrack World Cup 2014 kali ini, yang tenggelam gegara berita pilpress *eaa

Reply
avatar
Jum Sep 12, 02:22:00 PM delete

Tuh kan bener berarti, aku nih anak polos

Reply
avatar
Jum Sep 12, 02:22:00 PM delete

Iya mbak. Alhamdulillah. Kalo inget itu, aku bersyukur banget. Nggak kebayang kalo beneran kejadian sama aku yang jadi korban

Reply
avatar
Jum Sep 12, 02:24:00 PM delete

Serem banget mae... :-O

Pokoknya ati-ati aja deh sama setiap orang yang berkelakuan agak nyeleneh

Iya betul. Yang 2014 ini kurang bergema. Aku malah udah lupa iramanya o.O

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims