Sabtu, 01 November 2014

Bunga Bangkai Raksasa: Si Fenomenal yang Langka

Kampus saya lagi heboh. Heboh karena si Komo lewat? Bukan. Si Unyil sunatan? Bukan juga. Heboh gara-gara ada bunga.

Bukan. Bukan yang ini
Hihihi.. Lah gimana nggak heboh, wong bunganya bunga bangkai. Nggak percaya? Yuk kita tengok si raksasa yang langka itu.

Adalah Amorphophallus Titanum, yang membuat heboh kampus saya beberapa hari terakhir. Bunga yang beken dengan nama bunga bangkai atau suweg raksasa itu muncul dengan liar di semak dekat gedung rektorat. Ini dia si fenomenal itu.

Makasih buat mas Hamasyah Hamzah Mumtaza untuk foto cantiknya


Cakep yah?

Iya cakep. Tapi aromanya nggak cukup cakep. Hihi.. Aroma bangkai-nya khas banget. Wajar lah dikasih nama bunga bangkai.

Btw, sebenernya saya kali ini lagi-lagi gagal melihat dari dekat bunga yang cantik itu. Kemarin baru dapat kabar kalo bunga yang lagi mekar itu, kemarin udah layu. Niat hati mau ngefoto sendiri biar punya dokumentasi sendiri, eh malah telat. Jadi terpaksa pinjem fotonya mas Hamasyah.

Seingat saya ini bukan kali pertama ada bunga bangkai tumbuh di kampus saya. Dulu pernah juga denger kabar ada bunga bangkai tumbuh. Tapi entah kenapa waktu itu saya malah nggak semangat lihat dari dekat. Setelah bunganya mati, akhirnya malah nyesel juga. Dan kali ini, lagi-lagi kami belum berjodoh.

Kamu pernah lihat bunga ini?

Nggak sedikit orang yang menganggap bunga bangkai ini sama dengan bunga rafflesia. Padahal keduanya beda banget. Secara fisik bunga bangkai punya daun dan batang yang tumbuh menjulang tinggi sedangkan bunga Rafflesia hidup sebagai parasit pada inang tertentu tanpa batang dan daun dan bunganya merebah di tanah.

Dan saya juga baru tau, ternyata bunga bangkai ini adalah struktur fase generatif tanaman suweg. Kebetulan memang di area semak-semak dekat rektorat memang banyak suweg yang tumbuh liar. Jadi wajar kalo akan ada bunga bangkai yang tumbuh disana. Hmm.. Baru tau..

Tanaman suweg: Fase generatif (kiri), dan fase vegetatif (kanan) - dari satuharapan.com

Ada yang lebih seru loh!

Bunga Bangkai Raksasa: Si Fenomenal yang Langka
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 Comments

Sab Nov 01, 06:51:00 AM delete

Aku udah sering lihat bunga bangkai, karena di kampungku banyak. Bahkan pernah numbuh di halaman rumah. Kalau Raflesia emang blm pernah lihat

Reply
avatar
Sab Nov 01, 12:27:00 PM delete

Pernah doooongs.. Keknya sengaja ditanem sama anak Pertanian USU, Bang. Dan sumpah lah emang baunya bener-bener memabukkan ya. Hahah.. :D

Reply
avatar
Sab Nov 01, 02:11:00 PM delete

belum pernah lihat riil mas bunga bangkai.. kalau nyium bangkai pernah.. heheh :`(

Reply
avatar
Min Nov 02, 11:02:00 AM delete

Hihi.. disana banyak suweg ya mbak? Di tempat aku nggak ada soalnya.. :D

Reply
avatar
Min Nov 02, 11:06:00 AM delete

Hoho.. iihh bikin ngiri nih.. Pengen liat jugaaa.. tapi nggak pengen cium baunya :-P

Reply
avatar
Min Nov 02, 11:07:00 AM delete

Yah.. itu mah kita-kita juga sering mas

Reply
avatar
Sen Nov 03, 08:15:00 AM delete

seumur umur,,,belum pernah lihat bunga bangkai,,,penasaran ama baunya...

Reply
avatar
Sen Nov 03, 09:38:00 AM delete

Emang kenapa sih, kok bikin iri? Aku sebagai anak Sastra ngga ngerti. Wkwkwk.. :D

Kirim baunya entar ah.. :P

Reply
avatar
Sen Nov 03, 04:56:00 PM delete

belum pernah lihat rif klo secara aslinya..penasaran juga sih

Reply
avatar
Sel Nov 04, 03:10:00 AM delete

Wow .. cantik ya bunganya :)

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims