Whatsapp Web: Solusi Hemat Akses Data via Mobile? Nggak juga tuh

Untuk pemuda fakir paket data seperti saya, menghemat konsumsi paket data adalah suatu keharusan. Apalagi saat kuota paket data di perangkat mobile tercinta mulai menipis. Munculnya indikator ketersediaan wifi ibarat oase di padang pasir. Note: apalagi kalo ada label gratis-nya.


Saya perlu koneksi data di perangkat mobile untuk apa?

Utamanya sih untuk akses perpesanan, terutama Whatsapp. Karena buat saya, biasanya banyak informasi penting yang disampaikan via media perpesanan yang katanya paling populer ini.

Masalahnya adalah Whatsapp mutlak butuh koneksi internet. Tanpa koneksi, Whatsapp jelas tak berdaya. Solusi paling pas untuk fakir kuota adalah cari wifi gratis.

Tapi ada solusi lain yang lebih cakep!


Whatsapp Web!

Whatsapp baru-baru ini meluncurkan fitur baru, namanya Whatsapp Web. Fitur ini memungkinkan akses Whatsapp via browser PC/laptop. Binggo! Ini solusi oke banget. Walau sama-sama masih butuh koneksi internet (ya iya lah), tapi pastinya texting jadi lebih nyaman dengan layar PC yang lebih gede, dan keyboard-nya yang lebih ergonomis.

Gimana cara menggunakan Whatsapp web?

Syarat utamanya adalah smartphone kamu bukan perangkat Apple (fitur ini belum tersedia untuk perangkat Apple) dan kamu harus update versi Whatsapp ke versi terbaru.

Kalo udah update, akan muncul menu Whatsapp Web

Lalu buka web.whatsapp.com via peramban Google Chrome di PC/laptop kamu. Inget! Harus pake Chrome! Selanjutnya kamu tinggal scan code yang ada disana dengan smartphone kamu.


scan aja itu code-nya

As simple as that, kamu bisa ngobrol di Whatsapp lewat PC/laptop kesayangan.


Bukan Solusi Terbaik

Awalnya saya pikir itu solusi terbaik. Saya cukup cari wifi gratis untuk koneksi laptop saya, akses Whatsapp web sambil browsing atau ngerjain kerjaan. Sementara handphone saya yang paket datanya sekarat, bisa diistirahatkan. Andai ada pesan Whatsapp masuk, ada notifikasinya di laptop saya, saya bisa baca langsung di layar laptop yang lebih nyaman untuk mata, dan bisa langsung dibalas.

Seru kan?

Nyatanya nggak begitu.

Whatsapp web bekerja dengan sinkronisasi perangkat smartphone dengan browser di PC/laptop. Artinya, koneksi data di smartphone tetep harus ada. Jadi, andai smartphone kamu nggak ada koneksinya, kamu nggak bakal bisa wasapan. Bahkan untuk login juga nggak bakal bisa. Kalo kamu pake koneksi wifi, smartphone kamu juga harus konek ke wifi. Walhasil, smartphone kamu nggak istirahat total.

Emang sih, saat ada pesan masuk, nggak ada notifikasi di handphone. Notifikasi pindah ke PC/laptop. Tapi yang nerima pesan tetep si handphone, si PC/laptop cuma nerima pesan yang didapat si handphone. 

Yah kalo gitu mah sama aja donk ya. Cuma beda layar dan kibor aja.

Posting Komentar

18 Komentar

  1. aku dari dulu ga tahu kenapa kurang tertarik dengan aplikasi message..mungkin krn mikirnya udah ada fb yang bisa buat message, twitter buat DM, dan sms-an..ditambah lg dulu biasanya pake YM..jadinya pas ada aplikasi baru, ga begitu ikutin..meski ada whatsapp tapi hampir ga pernah ku check..biasanya aku pake bluestacks diinstall di pc..jadi ga perlu hp ku smartphone..krn memang cuma butuh laptop/pc yg terinstall bluestacks..tentu ya tetap harus butuh internet, krn memang dia kan jalurnya pake internet ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. kalo aku mah itu hampir jadi suatu keharusan, mas. Kalo nggak bisa akses whatsapp sehari aja, bisa ketinggalan informasi.

      Tapi emang dari awal kenal internet, aku udah nyemplung di aplikasi perpesanan begitu sih. Dulu jaman2nya mig33, aku sempet coba juga. Bahkan kenalan sama calon temen sekampus jauh sebelum ketemuan beneran di kampus. Hihi..

      Yap. Baru inget kalo bisa pake bluestacks. Tapi kyknya kalo pake bluestacks, harus pake nomor yang beda dengan yang dipake di handphone. Bukan begitu mas? Aku belum nyobain pake bluestacks sih. Entah kenapa nggak pernah bisa install bluestacks di lappy ini

      Hapus
    2. iya buat jarkom ya rif? klo itu mungkin dibutuhkan ya..

      biasanya bluestacks error krn driver nya kyknya rif..klo soal no hp harus beda, aku kurang tahu..krn hp ku blum smart hehe..jadi ga bisa ngetes..no ku tetap bisa pake wa, install ya di bluestacks itu..

      Hapus
  2. ribet juga ya..mending WA di hape aja kalo udah tahu WA di web macam begituan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan hari temanku juga ngajak WA di web...tapi masih males soalnya kan aku masih belum tau caranya mas arif...ya udah untung dapat info ini..nggak jadi nginstal aku mas...hehehe thenkiyu ya inponya

      Hapus
    2. Ya untungnya kalo pake pc kan layarnya lebih gede, mbak. Bisa lebih puas liatnya.. hihi

      Hapus
  3. Ohhh gitu, sama aja boong.
    Btw pas ada info watsap bs lwt Pc aku malah khawatir. Makin mudah dong orang yg mau mantau watsapanku. Dulunya kan kalau crackers gt emang ngalihin dari hp ke pc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake bluestacks ya mbak? Harusnya sih nomor whatsapp yang udah didaftarkan di satu perangkat, nggak bisa dipake lagi di perangkat lain. Whatsapp web ini juga gitu prinsipnya, makanya dia tetep ngelibatin perangkat handset

      Hapus
  4. Habis baca ini langsung aku praktekin WhatsApp Web. Seru juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. seru ye mbak, lebih gede, lebih lapang :D

      Hapus
  5. ini dia yang dicari, nanti saya coba :)

    BalasHapus
  6. Kalo gitu msih butuh nomer telepon ya... jelas saya tak bisa make. kendala saya dati dulu pas mau pake WA itu ditanya no. telp.

    BalasHapus
  7. Tapi aku lebih seneng pakek WA dari hp ketimbang social chatting laennya, Bang. Soalnya lebih ringan. Eh, meskipun aku pakek BBM jugak sik. :P

    BalasHapus
  8. Kemajuan positif yang tetap harus di apresiasi.. mantabs

    BalasHapus
  9. mo nanya neh coz q bingung nanya ke mana lagi, gni misalkan aku whatapp pake no gsm indonesia trus aku ke newyork misale, n aku masih gunain no gsm yang sama, nah gmana kalo aku whattapp ke teman2 indonesia, apakah kode newyork muncul ato tetap kode indonesia yang muncul, padahal aku waktu itu di newyork? plz jawab ya

    BalasHapus
  10. Kalo jadi aku mah lebih milih WA dari hp ajadeh, seperti nya WA dari web menjadi terlihat lebih ribet :(

    BalasHapus
  11. Coba pake whatsapp web 2 hari ini, stlh terkoneksi sy pikir akan menghemat data internet di hp sehingga dgn leluasa sy download2 video kiriman tmn dan gambar sebebas2nya, nyatanya ampun dijeee kuota inet di hp terkuras hampir 6GB tanpa sy sadari pdhl komputernya sendiri sdh terkoneksi inet kantor (harusnya kan memakai data inet komputer bukannya hp).. Terbukti saat kita download video/ gmbr di wa web akan menguras kuota inet hp krn koneksi tsb tnyta hanya penghubung antar hp dan monitor komputer. Jgn salah kaprah ya guys dan jgn jd korban spt sy hehe..

    BalasHapus

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims