Jumat, 25 Desember 2015

Asal Mula 16 Juta Warna

spesifikasi samsung galaxy A3
Spesifikasi Samsung Galaxy A3 di gsmarena.com

Pernah beli atau cari handphone/gadget? Baca spesifikasinya donk? Dalam hati sanubari kamu yang terdalam pernah timbul rasa penasaran nggak? Di spesifikasi gadget yang kita mau beli, biasanya ada keterangan layar TFT 16 juta warna. Penasaran nggak itu kenapa warnanya bisa sebanyak itu?

Perasaan warna pelangi aja udah banyak banget ya? Mejikuhibiniu. Lah itu sampe ada 16 juta warna, gimana ngapalinnya? Hihi

Mungkin buat temen-temen yang bergelut di bidang desain grafis atau IT sudah paham betul dengan ini. Tapi buat temen-temen yang berlaga di bidang lain, mungkin ada yang masih penasaran kali ya?

Yuk, saya mau coba jelasin dikit. Yah setau saya aja lah ya. So, buat para suhu, monggo dikoreksi kalo ada yang kurang tepat :-)

Nah, sebenarnya 16 juta warna itu masih kurang banyak loh teman. Percayalah. Total ada 16,777,216 warna. Wow! Udah hampir 17 juta tuh ya.

kok bisa sebanyak itu sih rif?


Bisa donk!

Di kebanyakan layar gadget terkini, layar LCD-nya tersusun dari sekumpulan piksel warna yang tiap pikselnya terdiri dari tiga elemen warna yaitu merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue) atau biasa disebut dengan RGB. Bahasa gampangnya sih setiap warna yang tampil di layar gadget kamu itu adalah hasil kombinasi dari ketiga warna itu: merah, hijau, dan biru. Apapun itu warnanya. Gabungan dari ketiga warna itu, secara sempurna akan menghasilkan warna putih. So, bangga lah kamu yang suka warna putih. Karena putih adalah gabungan dari setiap warna dasar.

Sistem warna RGB

Masing-masing dari R, G, dan B itu, direpresentasikan dalam 8 bit data. Maka, keseluruhan untuk R, G, dan B membutuhkan 8x3 = 24 bit data. Karena itu lah sistem warna RGB disebut juga sistem warna 24 bit atau bahasa sundanya 24 bit color system.

trus apa hubungannya sama 16juta warna?


Pernah belajar bilangan biner? Yap, ada di pelajaran matematika SMA. Lupa yah? Hihi.. Sini saya ingetin. Perhatikan gambar berikut!

ilustrasi bilangan biner
Seperti yang dibilang di atas, masing-masing warna butuh 8 bit data. Nah bit-bit itu bisa diibaratkan kotak-kotak, persis seperti gambar diatas. Nilai dari kotak-kotak itu cuma ada 2 kemungkinan, kalo nggak 0 ya 1, nggak ada nilai selain itu. Nah cara ngitungnya begini:


Mulai dari angka paling kanan, kalo angkanya 1, maka nilainya adalah 1*2^0 = 1. Angka selanjutnya, kalo angkanya 1, maka nilainya adalah 1*2^1 = 2. Nah selanjutnya kalo nemu yang angkanya 0, ya kalikan aja dengan 0. Selanjutnya sampai angka ke 8. Nilai akhirnya adalah hasil penjumlahan dari semuanya.

Nah kalo semua angkanya 0, nilainya ya 0. Tapi kalo semua angkanya 1, nilai totalnya jadi 255. So, cakupan nilainya adalah dari 0 sampai 255, atau ada 256 nilai warna. Itu untuk masing-masing warna R, G, dan B.

Pernah belajar kombinasi? Yap, di matematika lagi.

Jika R punya 256 kemungkinan, G juga 256 kemungkinan, dan B 256 kemungkinan juga, maka ada berapa macam kombinasi yang mungkin?

Jawabannya adalah: 256x256x256 = 256^3 = 16,777,216

Voilla! Dapet deh 16 juta warna. Yeay!

Itulah asal mula kenapa bisa dapat 16 juta warna yang banyak banget itu. Kok butuh warna sebanyak itu? Ya kalo semakin banyak warnanya, akan semakin bagus kualitas tampilannya, jadi makin tampak nyata gitu loh. Gradasi warnanya jadi lebih halus. Coba deh bandingkan tampilan gadget kamu yang terbaru dengan yang jadul yang masih pake warna 16 bit atau 65 ribu warna (biasanya di handphone N*kia jadul), kerasa donk bedanya.

Wah, kalo bisa bikin lebih dari 16juta warna, bisa lebih bagus donk rif?


Logikanya sih begitu. Tapi dengan teknologi sekarang yang "cuma" 16 juta warna aja kyknya udah lebih dari cukup deh bro. Karena mata manusia udah nggak bisa bedain lagi. Gambarannya gini deh:

Kotak 1

Kotak 2
Percaya nggak kalo dua kotak itu nilai RGB-nya beda? Percayalah kawan. Kotak 1, saya buat dengan RGB 200, 20, 180. Sedangkan Kotak 2 saya buat dengan RGB 210, 20, 180. Sekilas tampak nggak ada bedanya yah? Nah itu dia makanya teknologi 16 juta warna sudah cukup mumpuni. Tapi nggak menutup kemungkinan nanti akan dibuat sistem warna yang lebih kaya.

Sebenernya ada sistem warna lain yang sering dipakai. Pernah denger CMYK? Yap, Cyan magenta yellow black. Tapi sistem warna itu jarang dipakai untuk layar monitor atau gadget. Sistem warna CMYK lebih sering dipakai untuk printer. Makanya printer kamu botol tintanya ada 4. Betul apa bener?


Sip deh. Segitu aja dulu informasi mengenai asal mula 16 juta warna di spesikasi layar gadget. Semoga bisa mengobati rasa gundah gulana dan penasaran tingkat akut yang selama ini hinggap di sanubari kalian. :-)

sumber gambar:
http://www.juude.info/

http://www.islavici.ro/
http://www.billconner.com/
http://www.nhsdesigns.com

Ada yang lebih seru loh!

Asal Mula 16 Juta Warna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 Comments

Jum Des 25, 07:05:00 PM delete

mantab ulasannya :D, kemana aja rif engga pernah ngeblog lagi.... hehehhee

sering pake CYMK utk keperluan print kaos...jadi kalau desain buat kaos pake CMYK, supaya hasilnya tidak beda jauh antara di monitor dan hasil cetaknya..

Reply
avatar
Jum Des 25, 08:36:00 PM delete

kemana ajaaa? hahaha...
aduh ngga ngerti deh kalau mata kita berapa juta warna ya?

Reply
avatar
Sab Des 26, 08:51:00 AM delete

Kira-kira nanti akan membuat warna berapa juta lagi yaa? hihihihi

Reply
avatar
Sab Des 26, 09:44:00 AM delete

Huhuhu. Sempat pening pas penjelasan Matematikanya. Aku lemah di Matematika. Lupa juga dulu pernah belajar bilangan biner.

Iya sih memang bener, lebih 'hidup' tampilan hape jaman sekarang daripada hape jadul. Jadi pengaruh sistem warna itu ya :D

Reply
avatar
Sab Des 26, 11:29:00 PM delete

Hihi.. Nggak kemana-mana kok. Aku selalu disini :D

Wah iya yah. Mas Dani berpengalaman bikin kaos. Pasti paham banget warna-warna begini.

Betul mas. Aku juga sering kesel karena hasil print biasanya beda sama yang tampil di monitor. Ya iya lah beda, wong sistem warnanya beda

Reply
avatar
Sab Des 26, 11:30:00 PM delete

Wah. Disimpan dulu ya mbak pertanyaannya. Kyknya menarik untuk diulas :)

Reply
avatar
Sab Des 26, 11:31:00 PM delete

Hmm.. Mbak Wida masih kurang sama 16 juta warna itu. Wah luar biasa nih si mbak. Saya aja sama warna pelangi yang 7 itu udah puyeng loh mbak :D

Reply
avatar
Sab Des 26, 11:33:00 PM delete

Hihi.. Aku juga pening pas nulisnya mbak :D

Pastinya mbak. Apalagi kalo dibandingin sama hape monokrom. Haha

Reply
avatar
Sen Des 28, 10:10:00 AM delete

hahahaha ga pengalaman rif...tahu soal warna aja pas dari tukang kaos bilang klo ngedesain buat di cetak jangan pake RGB, pake CYMK...karena print pake CYMK hahaha...gara2 tukang kaos jadi tahu warna...

Reply
avatar
Sen Des 28, 10:14:00 AM delete

Belajar emang dimana aja dan dari siapa aja ya mas. Wah kyknya usaha kaosnya makin cihuy nih. Banyak yang berkembang pesat yah semenjak aku meninggalkan dunia perblogan ini :D

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims