Rabu, 06 Januari 2016

Remembering Songs

Teman satu kontrakan saya dulu pernah bilang: "Kamu mau gampang keinget sama satu suasana? Gampang! Pake lagu aja"

Jadi ceritanya dia punya pengalaman, waktu dia KKP (kuliah kerja praktikum), semacam KKN gitu - ada temannya yang hampir tiap hari muter 1 lagu. Efeknya, setelah KKP selesai, setiap kali dia denger lagu itu, dia keinget sama suasana saat KKP.

Jadilah setelah itu dia rajin muter 1 lagu di kontrakan. Katanya biar suatu saat nanti kalo kami denger lagu itu, bakal keinget sama suasana kontrakan dulu. Tapi mungkin karena kurang intensif muternya, jadinya lagunya nggak ada yang nempel di otak, entah lagu apa yang dulu dia putar :D

Yap! Itu salah satu efek dari musik. Seperti yang dibilang mbak Tiffany Jenkins yang dimuat di bbc.com berikut:
"hear a piece of music from decades later and you are transported back to that particular moment, like stepping into a time machine"

Ajaib yah? Dan ternyata, musik termasuk salah satu cara mengingat sesuatu versi wikihow.com. Musik bisa membantu menciptakan kembali suasana saat sesuatu yang mau kita ingat itu ada atau terjadi.

Nah saya sendiri ternyata punya beberapa referensi lagu yang sampai sekarang kalo saya dengarkan akan membawa saya seperti kembali ke masa-masa itu. Kyk naik mesin waktu. Apa aja lagunya? Mungkin kamu juga familiar. Ini dia:


  1. Lagu-lagu pak Ebiet G Ade
    Lagu-lagu pak Ebiet sampai sekarang selalu membawa saya ke masa-masa kecil sekitar umur 5-6 tahunan. Waktu itu bapak sering banget muter lagu-lagu Ebiet, hampir setiap hari. Beberapa lagu Ebiet yang remembering buat saya antara lain:
    1. Elegi Esok Pagi

    2. Berita Kepada Kawan


  2. Nelly Furtado - Forca

    Forca adalah official theme song UEFA Euro 2004 Portugal. Waktu itu lagu ini sering banget diputer di TV karena memang lagi demam Euro. Sampai sekarang saya kyk balik lagi ke 2004 setiap kali denger lagu neng Nelly ini.


  3. Tata Young - I Believe

    Mirip-mirip dengan Forca, lagu I Believe punya mbak Tata Young ini juga lagu tema resmi turnamen sepakbola. Bedanya yang ini lebih kerasa, karena ini lagu tema resmi AFC Asian Cup 2007, saat Indonesia jadi salah satu tuan rumah.

  4. Naff - Akhirnya ku Menemukanmu
    Lagu mas-mas Naff ini mengingatkan saya pada suasana SMA. Waktu itu emang lagu-lagu Naff lagi ngehits. Salah satunya ya lagu yang ini.

  5. OST Naruto - Daylight in Konoha
    Kamu yang gila jepang pasti tau lagu ini. Lagu instrumental yang nggak tau siapa komposer sebenarnya ini (baca: mungkin saya aja yang kurang riset) sering kita denger di serial Naruto, saat di scene Desa Konoha yang damai.

    Nah waktu saya kuliah di semester 1 dulu, waktu saya masih tinggal di asrama, lagu ini sering diputer sebagai backsound radio asrama. Efeknya, setiap saya denger lagu ini, rasanya kyk balik lagi ke asrama. Kerasa lagi suasana pagi di asrama yang khas, temen-temen sekamar masih pada tidur, tetangga sebelah udah pada rebutan kamar mandi, ada juga yang nawarin sarapan door-to-door, ditambah suara si kakak penyiar yang cuap-cuap nggak jelas. Ahh...

  6. Atha Bachan - Together to be Better
    Nah saya yakin kamu nggak tau dan nggak pernah denger lagu ini. Wajar sih, mungkin cuma yang sekampus sama saya aja yang tau.

    Lagu ini adalah lagu "resmi" asrama saat saya kuliah dulu. Pencipta lagunya Atha Bachan, mahasiswa satu angkatan di atas saya. Sama seperti lagu Daylight in Konoha, lagu ini juga sering mengalun lewat pengeras suara di asrama. Remembering...

  7. Nidji - Laskar Pelangi
    Setuju nggak kalo lagu ini menginspirasi banget? Yap! Saya juga setuju. Lagu ini dulu jadi salah satu lagu yang sering diputar saat MPKMB, Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru, ospek-nya kampus saya.

  8. Shakira - Its time for Africa (waka waka e e)
    Buat banyak orang, lagu tante Shakira ini pasti kedengaran menyenangkan, hepi gitu. Tapi buat saya ini lagu menyeramkan.

    Hah? Kok bisa rif?

    Jadi ceritanya waktu itu lagi musim piala dunia, lagu ini jadi lagu temanya. Makanya sering diputer di TV dan radio, sampe bosen dengernya. Cilakanya, waktu itu saya nggak ikut seneng-seneng nonton piala dunia. Saya malah lg kucing-kucingan sama penipu. Loh kok bisa? Bisa. Pokoknya mah sekarang bawaannya serem mulu tiap denger lagu ini.

  9. Tiger Baby - Chinese Fairytale
    Kamu mungkin familiar sama lagu ini. Lagu ini jadi salah satu backsound di acara tv yang lagi ngehitz saat itu, On The Spot.

  10. Selena Gomez - Magic, dan
    Greenday - Holiday

    Dua lagu ini jadi backsound di video kenangan angkatan kuliah saya. Setiap denger 2 lagu ini rasanya kyk balik lagi ke masa-masa kuliah dulu. keinget lagi kelakuan temen-temen yang nyeleneh (yang nggak nyeleneh nggak inget)
    1. Selena Gomez - Magic

    2. Greenday - Holiday


Nah! Gimana? Kamu punya lagu yang remembering juga? Atau mungkin sama dengan salah satu lagu diatas?

Referensi:
http://www.bbc.com/culture/story/20140417-why-does-music-evoke-memories

http://www.wikihow.com/Remember-Something-That-You-Forgot

Ada yang lebih seru loh!

Remembering Songs
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

12 Comments

Rab Jan 06, 10:57:00 PM delete

yang remembering skripsi, ,,,lagu2nya celine dion khususnya power of love

Reply
avatar
Kam Jan 07, 05:10:00 AM delete

Aahh.. Aku nggak sempet bikin remembering songs waktu nulis skripsi, mbak. Jadi kurang ada kenangan

Reply
avatar
Kam Jan 07, 09:49:00 AM delete

Ada 1 yg paling berkesan dari list diatas, Nelly Furtado-Forsa, yg bikin remembering krn sy punya kaset tape recordernya dan sering diputer pakai tape recorder jadul yg remembering jg.

Btw yg lagu Atha Bacan ada link donlotnya kah? Mau nginget-nginget wtk di asram neh,hehe.

Reply
avatar
Kam Jan 07, 12:24:00 PM delete

wuidih sampe direkam di tape recorder segala kang =D

Ada ada nih. Btw itu lagu nggak ada copyright-nya kan ya? Boleh dishare kan ya?

Reply
avatar
Jum Jan 08, 09:21:00 PM delete

naff! masyaallah, itu lagi paling seneng di dengerin, mereka sekaliber letto kalo bikin lagu, sayangnya udah ga eksis lagi

Reply
avatar
Sab Jan 09, 06:40:00 AM delete

Gak suka dengerin lagu sih. -,- Gak teringat apa pun. Ada satu lagu pas dari mantan, malam ultah. Bila Engkau - Flanella

Reply
avatar
Sab Jan 09, 11:03:00 AM delete

saya setiap kali dengar lagunya Bonda ft Feed 2 Black "ya sudahlah" dan Ada Band "pemujamu" pasti selalu ingat suami yang saat itu masih jadi pacar yang saat itu menjalani LDR :)

Reply
avatar
Min Jan 10, 12:14:00 AM delete

Nah iya. Letto juga setali tiga uang. Remembering ya mbak

Reply
avatar
Min Jan 10, 12:15:00 AM delete

Hihi.. masa yang inget cuma yang dari mantan aja mbak. Hihi

Reply
avatar
Min Jan 10, 12:16:00 AM delete

Wuidih.. berarti dulu sering fluktuatif ya mbak? Eh maap sotoy =D

Reply
avatar

Dear teman. Silakan berkomentar. Tapi khusus untuk post yang telah terbit > 7 hari, mohon maaf komentar kamu nggak langsung muncul, karena harus dimoderasi. Trims